IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Mudah Mencangkok Tanaman Apa Saja - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Mudah Mencangkok Tanaman Apa Saja

Urban Hidroponik - Mencangkok tanaman bisa dilakukan dengan mudah, akan tetapi perlu kehati-hatian agar hasil cangkoknya bagus dan menghindari tanaman mati karena kesalahan ketika mencangkok.

Mencangkok tanaman biasanya dilakukan untuk pembibitan tanaman yang identik, maksudnya hasil cangkok akan memiliki sifat yang sama dengan induknya. Selain itu cangkok juga dirasa lebih cepat ketimbang metode pembibitan lain seperti pembibitan dari biji atau stek.

Kalau Anda bermaksud mencangkok tanaman di rumah sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini. Simak yuk.

Cara Mencangkok Tanaman Apa Saja


Pada intinya mencangkok tanaman dilakukan agar menghasilkan bibit identik yang sehat untuk itu cara cangkok pada tanaman harus dilakukan dengan baik, yaitu sebagai berikut:
    mencangkok tanaman apa saja
  1. Sterilkan pisau yang akan digunakan untuk mencangkok. Mensterilkan pisau cangkok bisa dengan memakai alkohol atau merebus pisau tersebut pada air mendidih selama kurang lebih 5 menit. 
  2. Lakukan pemotongan kulit tanaman dengan sempurna. Intinya jaringan kulit tanaman bagian atas dan bawah tidak boleh sampai sobek atau rusak.
  3. Lakukan pengerikan kambium secara 1 arah, dari atas ke bawah. Setelah dilakukan pengerikan dan semua lapisan kambium hilang, biarkan selama 1 hari.
  4. Setelah kering, gunakan perangsang akar B1 atau perangsang akar alami berupa bawang merah. Ambil bawang merah 1-2 siung, lumatkan dan larutkan dengan air lalu semprotkan ke batang yang sudah di kerik. Sebenarnya bawang merah cukup diiris kemudian dioleskan seluruh batang yang sudah dikerik.
  5. Bungkus batang yang sudah diolesi perangsang dengan media tanam berupa tanah/cocopeat/sekam. Ikat yang kuat jangan sampai media tanam bergeser atau berjatuhan.
  6. Potong cangkok setelah 1 bulan atau setelah media tanam memperlihatkan pertumbuhan akar yang sangat banyak.
Kelima langkah mudah mencangkok tanaman di atas berlaku untuk nyaris sebagian besar tanaman yang bisa dicangkok. Semoga menginspirasi, selamat berkebun, happy farming :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.