IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menanam Bayam Merah Hidroponik Skala Asyik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menanam Bayam Merah Hidroponik Skala Asyik

Urban Hidroponik - Bayam merah atau yang dikenal juga sebagai Amaranthus spp. rupanya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Tahukah Anda bagaimana cara menanam bayam merah hidroponik di pekarangan rumah? Simak yuk.

Amaranth (bahasa Yunani) yang artinya abadi, bayam merah mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin dan vitamin (A, B, C). Khasiatnya antara lain dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah berkhasiat sebagai obat disentri.

Berkebun Bayam Merah Hidroponik di Pekarangan

Bayam termasuk sayuran berserat yang dapat digunakan untuk melancarkan proses buang air besar. Makanan berserat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker usus besar, penderita kencing manis (diabetes mellitus), kolesterol, darah tinggi dan menurunnya berat badan. Infus daun bayam merah 30% per oral dapat meningkatkan kadar besi serum, hemoglobin dan hematokrit kelinci yang dibuat anemia secara nyata.

Sekarang kita akan berbagi mengenai cara berkebun bayam merah untuk skala hobi yang bisa diaplikasikan di rumah kita, baik di pekarangan maupun di bagian rumah lainnya yang memungkinkan. Secara umum menanam bayam merah terdiri dari beberapa proses yaitu, penyiapan instalasi hidroponik, penyemaian, pemeliharaan, panen, dan paska-panen. Mari kita urai satu demi satu.

Memilih Sistem Hidroponik untuk Bayam Merah
Langsung saja, semua sistem hidroponik dapat digunakan sebagai sistem yang cocok untuk berkebun bayam. Akan tetapi karena kita akan berkebun skala rumah/hobi, mungkin sistem sumbu (wick system) adalah yang paling mudah. Atau bisa juga memakai NFT PVC atau DFT PVC.

Penyemaian Benih Bayam Merah Hidroponik
Setelah sistemnya dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah menyemai benih bayam. Bentuk benih bayam ini sangat kecil, warna benihnya hitam mengilap. Sehingga butuh kesabaran ekstra untuk menyemainya.

Anda bisa menyemai bayam ini memakai metan rockwool, sekam atau cocopeat. Nantinya untuk satu lubang bisa ditanami bayam merah sampai 6 biji. Apakah tidak berdesakan? Berdesakan memang tapi untuk keperluan hobi masih bagus kok.

cara menanam bayam merahSetelah benih dimasukkan ke dalam media tanam, simpan di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Biarkan selama 1-4 hari sampai sprout. Setelah benih pecah menjadi kecambah perkenalkan pada cahaya sekurangnya 6 jam dalam sehari. Setelah berumur 7 hari bibit siap dipindahkan ke instalasi hidroponik.

Pemeliharaan Bayam Merah Hidroponik
Memelihara bayam merah memakai sistem hidroponik cukup mudah, Anda hanya butuh memastikan bahwa air nutrisi dalam tandon sesuai dengan kebutuhan bayam, yaitu memakai standar umum sebagai berikut:

  • pH 5.5-6.6
  • TDS 1260-1610
  • EC 1.8-2.3
  • Cahaya > 7 jam

Panen Bayam Merah Hidroponik
Pada umum 20 hari-an bayam  merah sudah bisa dipanen. Anda bisa memanennya dengan cara mencabut semua pohon bayam atau mengguntingnya saja dengan harapan bisa tumbuh tunas baru dan bisa panen lagi seminggu kemudian.

Sekian kiat dasar berkebun bayam merah hidroponik, semoga menginspirasi kita semua. Selamat berkebun, happy farming.

Daftar Pustaka
Read more: http://doktersehat.com/khasiat-bayam-merah/#ixzz4MvVM3aJh

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.