IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Dampak Kekurangan Kelebihan Unsur Hara Boron (B) pada Tanaman Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Dampak Kekurangan Kelebihan Unsur Hara Boron (B) pada Tanaman Hidroponik

Urban Hidroponik - Unsur hara boron (B) termasuk unsur mikro bagi tanaman. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah sedikit, pemberian masing-masing hara harus seimbang agar tidak terjadi kelebihan kekurangan hara boron (B) pada tanaman.

Boron berperan dalam proses pembentuka sel. Bayangkan bila tanaman kekurangan boron (B) apa yang akan terjadi?

Dampak Unsur Boron (B) pada Tanaman Hidroponik


Unsur hara boron (B) pada tanaman berfungsi mengangkut karbohidrat kedalam tubuh tanaman dan mengisap unsur kalsium. Berfungsi dalam perkembangan bagian-bagian tanaman untuk tumbuh aktif.
Pada tanaman penghasil  biji unsur ini berpengaruh terhadap pembagian sel. Menaikkan mutu tanaman sayuran dan tanaman buah.

Hmmm, jadi yang membuat selada dan pakchoy di rumah Anda tampak kinclong itu rupanya mr. Boron :D

Dampak Kekurangan Unsur Boron (B) pada Tanaman

Tanaman yang kekurangan unsur Boron (B) biasanya memiliki tanda-tanda daun berwarna lebih gelap dibanding daun normal, tebal, dan mengerut. Kemudian pertumbuhan tanaman juga menjadi terhambat pada jaringan meristematik (pucuk akar). Selain itu disertai juga oleh tanda-tanda mati pucuk (die back). Lebih jauh lagi, buah yang sedang berkembang sangat rentan terserang penyakit.

dampak kekurangan kelebihan boron (B) pada tanaman hidroponik

Dampak Kelebihan Unsur Boron (B) pada Tanaman

Tanaman yang kelebihan unsur Boron (B) biasanya ujug daunnya akan berwarna kuning dan mengalami nekrosis. Bingung ya? Banyak sekali unsur hara yang dapat menyebabkan daun menjadi kekuningan. Ga usah bingung, dibawa asyik aja. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Daftar Pustaka
http://zerelpity.blogspot.co.id/2012/12/unsur-hara-pada-pupuk.html
www.flickr.com (sumber gambar - besi (Fe))
www.haifa-group.com (sumber gambar - boron (B))

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.