IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Berhidroponik di Dinas Pertanian Propinsi DIY - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Berhidroponik di Dinas Pertanian Propinsi DIY

Urban Hidroponik (Karawang) - Ramadhan bulan penuh berkah, kami bersama tim pada minggu ketiga Ramadhan mendapatkan kesempatan untuk berhidroponik di Dinas Pertanian Propinsi DIY. Dalam kesempatan itu kami dipercaya untuk membuatkan sistem hidroponik verrikuktur.

Hidroponik vertikultur pipa PVC memang termasuk salah satu sistem hidroponik yang memiliki banyak penggemar. Kemampuannya dalam mendongkrak kapasitas produksi kerap menjadi alasan utama kenapa memilih sistem hidroponik vertikultur.

Sistem Hidroponik Vertikultur Pipa PVC


Perjalanan menuju kota gudek menjadi perjalanan yang sangat berkesan, 3 orang tim Urban Hidroponik meluncur di atas bus. Waktu menunjukkan jam 10 malam ketika bus mulai bergerak meninggalkan kota padi. Kami menghabiskan waktu sekitar 10 jam untuk bisa sampai tujuan.

Bus pun melaju kencang, menempuhi jarak panjang di tol  Karawang - Palimanan, kemudian dilanjut menempuhi indahnya kota Berebes, Purworejo, Wates sampai Jogjakarta. Matahari telah bertengger cukup tinggi ketika ketika kami tiba di Kota Jogja.

Staf di Distan Prop. DIY begitu hangat menyambut kami setibanya di sana. Kami ditempatkan di sana dengan sangat nyaman. Setelah beristirahat beberapa jam, bada ashar kami pun langsung mengumpulkan matrial yang diperlukan dan langsung beraksi merangkai langkah demi langkah sistem hidroponik vertikultur.

Jelang magrib, kami sejenak beristirahat sampai waktu isya. Setelah itu kami lanjut berkreasi hingga jelang waktu sahur, sekitar jam 2 subuh semuanya telah selesai.


Seperti biasa kami membuatkan sistem default dengan dimensi 4x1.5 x2 meter. Sistem tersebut bila diberi jarak tanam 20 cm, akan memberikan kapasitas produksi 152 lobang, bila diberi jarak tanam lebih sempit tentu akan mendapatkan kapasitas yang lebih banyak lagi.

Selain membuatkan instalasi kami juga disempatkan sharing mengenai hidroponik mulai dari a-z. Sistem hidroponik vertikultur tersebut telah kini telah menjadi bagian dari ruang hijau di Distan Propinsi DIY. Besok lusa akan menjadi instalasi segar yang pipapipanya ditumbuhi segar sayuran.

Selamat berkebun untuk staf Dinas Pertanian Propinsi DIY. Hijaukan! Lusa atau lusanya lagi, mungkin kami akan bertandang ke kota lainnya, mungkin saja itu ke kota Anda.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.