IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A 3 Cara Membuat Instalasi Hidroponik Memakai Talang Air (U-PVC) - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

3 Cara Membuat Instalasi Hidroponik Memakai Talang Air (U-PVC)

Urban Hidroponik - Kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat guli hidroponik memakai talang air U-PVC. Talang air sangat ideal untuk dijadikan instalasi hidroponik sistem NFT karena permukaannya yang datar. Sehingga air nutrisi bisa benar-benar mengalir secara tipis dan merata.

Bagaimana membuat guli hidroponik memakai talang? Ada 3 cara mudah yang bisa kita gunakan untuk membuat guli hidroponik ini, yaitu:  memakai kabel pemanas, memakai pemanas gas, atau memakai pemanas elektrik (heat gun)

Cara Membuat Guli Hidroponik dari Talang PVC


Cara membuat talang hidroponik di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, simak yuk.

Cara Membuat Guli Hidroponik Memakai Kabel Pemanas
Cara pertama ini sangat murah dan karena Anda hanya butuh beberapa alat dan bahan saja dengan rincian sebagai berikut:

  • Kabel elemen pemanas magic jar/kabel nikelin (sekitar Rp. 25.000)
  • Kabel listrik (Sekitar Rp. 4.000/meter)
  • Colokan listrik (sekitar Rp. 5.000)
Cara membuatnya juga mudah, Anda hanya perlu membongkar kabel elemen pemanas magic jar, kemudian menghubungkannya dengan kabel listrik. Setelah terhubung, silakan langsung saja colok ke terminal listrik terdekat. Kabel elemen pemanas akan menghasilkan energi panas yang sangat cukup untuk menekuk talang air menjadi guli hidroponik. Selain murah, keunggulan kabel pemanas adalah tidak meninggalkan noda gosong.

Cara Membuat Guli Hidroponik Memakai Gas Torch
Cara kedua membuat guli hidroponik bisa dilakukan dengan memakai torch berbahan gas baik itu gas tabung kecil maupun gas LPG. Alat yang Anda butuhkan adalah sebagai berikut:
  • Gas torch/LPG Torch (Sekitar Rp. 100-200 ribu)
  • Tabung gas kecil/tabung gas LPG (Rp. 17000-an gas kecil, LPG 3kg Rp. 20.000)
Caranya sangat gampang, Anda tinggal menghubungkan torch dengan gas yang sudah disiapkan. setelah terhubung dengan baik dan tidak ada kebocoran Anda bisa langsung memulai proses pemanasan. Talang air dipanaskan agar bisa ditekuk.

Urban hidroponik, urban farming, hidroponik nft

Kelemahan dari cara ini adalah jejak gosong pada guli dan boros gas terlebih bila Anda memakai gas kecil. 

Cara Membuat Guli Hidroponik Memakai Heatgun (Pemanas Listrik)
Cara terakhir yang biasa digunakan untuk membuat guli hidroponik adalah dengan memakai heatgun (pemanas berenergi listrik). Anda hanya perlu membeli alat ini dengan rentang harga sekitar (150.000-an atau lebih, yang jutaan rupiah juga ada. Hehehe.)

Urban Farming, Urban Hidroponik


Heatgun bekerja dengan sangat sempurna, tidak meninggalkan jejak gosong dan proses pemanasan sangat cepat karena energi panas yang dihasilkan bisa mencapai 1000 derajat Celcius. Hanya saja memakai heatgun dalam jangka waktu lama atau untuk menekuk talang air dalam jumlah banyak akan menghabiskan energi listrik yang sangat besar karena heat gun ini rata-rata memakai listrik antara 500-1000 watt atau bahkan lebih. Selain itu dalam jangka lama heatgun akan mengalami over heating, sebaiknya jangan digenjot, lakukan secara berkala saja supaya heatgun tetap awet.

Urban Hidroponik, Urban Farming, NFT

Sekian tiga cara membuat talang hidropnik berbahan U-PVC ini, semoga menginspirasi. Jangan lupa berbagi dengan sahabat hidroponik yang lain.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.