IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membaca dan Menggunakan TDS/EC Meter - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membaca dan Menggunakan TDS/EC Meter

Urban Hidroponik -  TDS/EC Meter merupakan salah satu alat hidroponik yang wajib dimiliki petani hidroponik. Alat ukur PPM/EC ini sangat berguna dalam berkebun hidroponik dan menjadi salah satu kunci penting untuk bisa menghasilkan produk tanaman hidroponik yang berkualitas.

Bagaimana cara memakai alat TDS/EC meter tersebut, apakah sulit? Tentu tidak, mengoperasikan alat ukur TDS/EC meter digital tidak terlalu sulit. Simak yuk.

Cara Menggunakan TDS/EC Meter


Alat untuk mengukur PPM (TDS Meter) dan EC meter ada yang terpisah, ada yang tergabung menjadi satu alat. Mengenai harga cukup bervariasi, untuk sementara Anda bisa menggunakan alat ukur TDS/EC meter standar dengan harga terjangkau.

Seperti yang Anda ketahui setiap tanaman memiliki kebutuhan PPM dan EC yang berbeda satu sama lain. Jadi ketika Anda memberikan nutrisi pada tanaman, tidak bisa sembarangan karena harus sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Contoh kasus, kangkung butuh PPM 1050-1400 dan EC 2.0-21, dengan menggunakan TDS/EC meter, Anda bisa mengejar kedua angka di atas dengan akurat. Sehingga tanaman tidak akan mengalama defisiensi maupun toksisitas.

Paket Penjual TDS/EC Meter
Apa saja yang Anda dapatkan ketika membeli paket TDS/EC meter? Biasanya dalam paket penjualan akan terdapat beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  • Sarung alat ukur (1 unit)
  • Alat ukur (1 unit)
  • Petunjuk pemakaian (1 lembar)
  • Batre cadangan (1 unit)

Bagian-Bagian TDS/EC Meter
Ada beberapa bagian yang perlu Anda ketahui mengenai alat ukur TDS/EC meter standar berikut ini.

  • Tombol on/off: Digunakan untuk menghidupkan dan mematikan daya.
  • Tombol shift: Digunakan mengalihkan mode pengukuran, dari mode TDS ke EC ataupun sebaliknya.
  • Tombol hold: Digunakan untuk "menangkap" nilai ukur TDS/EC yang tertera di layar sehingga angka tidak akan berubah/hilang ketika Anda mengangkatnya setelah melakukan pengukuran.
  • Rumah batre: Terletak di bagian atas, Anda bisa membukanya untuk mengganti batre, pastikan tutup batre ini tidak lepas dan hilang,
Bagian-Bagian Layar TDS/EC Meter
Pada layar digital akan ditampilkan beberapa bagian hasil ukur yaitu sebagai berikut:
  • Tampilan mode ukur, maksudnya mode ukur yang Anda gunakan apakah mode TDS atau mode EC. Mode alat ukur tersebut ditampilkan berupa tulisan digital PPM atau EC yang tertera di layar. Memilih/mengganti mode bisa dilakukan dengan mudah dengan cara menekan tombol SHIFT.
  • Nilai PPM/EC, tampilan dari nilai PPM/EC dari cairan yang diukur, berupa 4 digit angka baik untuk PPM maupun EC.
  • Suhu, terdapat pada bagian bawah layar dengan satuan derajat Celcius, memperlihatkan suhu pada larutan yang diukur.
Membaca Angka TDS/EC Meter
Untuk membaca angka TDS (PPM) langsung saja lihat 4 digit angka di layar, itulah nilai PPM larutan yang diukur. Sementara untuk EC ini yang sering bikin bingung, karena pada semua tabel angka EC itu hanya 2 digit, kenapa di alat ukur jadi 4 digit?

Hehehe, sebenarnya angka EC yang 4 digit pada alat ukur itu harus dibagi 1000, sehingga akan didapatkan nilai EC yang sebenarnya. Misalnya di layar menampilkan angka EC 1200, maka nilai EC-nya adalah 1200:1000=1.2

Semoga tulisan di atas bisa menginspirasi kita semua, sampai jumpa di artikel hidroponik berikutnya. Selamat berkebun, happy farming :)




2 komentar:

  1. Bagaimana cara kalibrasi TDS/EC meter? Karena saya punya 2 buah tapi bacaannya berbeda, selisih 150 ppm. Jadi mana yang benar dan bisa di jadikan patokan untuk pembacaan?

    BalasHapus
  2. Cara kalibrasi TDS sama saja dengan kalibrasi pH meter, hanya saja untuk TDS ada alat kalibrasinya sendiri berupa cairan kalibrasi. Bila TDS meter Anda menunjukkan angka yang sesuai dengan angka yang tertera pada cairan kalibrasi, artinya itulah TDS yang akurat. Nanti kami buatkan artikel lengkap mengenai cara kalibrasi ini. Terima kasih.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.