IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Kebun Hidroponik Sistem Sumbu Memakai Botol Plastik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Kebun Hidroponik Sistem Sumbu Memakai Botol Plastik

Urban Hidroponik - Berkebun hidroponik memakai botol plastik? Ya, sebenarnya murah bila Anda bisa dan mau memanfaatkan material bekas di sekitar rumah berkebun hidroponik menjadi sangat murah dan menyenangkan. Salah satu material bekas/limbah yang bisa digunakan untuk berkebun hidroponik yaitu botol plastik.

Botol plastik apa saja yang bisa digunakan? Semua jenis botol plastik terutama yang berukuran 1500 ml atau lebih. Karena ukuran botol tersebut cukup leluasa untuk menampung nutrisi hidroponik dalam jumlah cukup banyak.

Apakah botol plastik ukuran 600 ml bisa digunakan untuk berkebun hidroponik? Bisa saja, tidak ada masalah. Hanya saja daya tampung nutrisinya sangat kecil.

Cara Membuat Instalasi Hidroponik Memakai Botol Plastik


Ada beberapa sistem hidroponik yang bisa digunakan dengan memakai botol plastik bekas, mulai dari wick system (sistem sumbu), drip system (sistem tetes) ataupun NFT/DFT. Di sini kita akan batasi pada sistem yang paling sederhana yaitu sistem sumbu.

Membuat Hidroponik Wick System Memakai Botol Plastik
Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat instalasi hidroponik sistem sumbu sangatlah mudah. Anda hanya butuh mengumpulkan botol-botol plastik bekas sebanyak-banyaknya. Kemudian alat potong baik berupa gunting maupun pisau.

Cara membuatnya bagaimana? Anda bisa langsung melihatnya pada tutorial video yang kami sematkan atau bisa membaca dan melihat gambar ilustrasi di bawah ini.

  • Langkah pertama yaitu memotong menjadi dua bagian. 
  • Langkah berikutnya menyimpan sumbu pada tutup botol agar air nutrisi bisa naik ke atas (ke media tanam). 
  • Langkah ketiga masukan media tanam berupa sekam/hidroton/rockwool ke dalam botol bagian atas. 
  • Langkah keempat masukan nutrisi ab mix ke botol bagian bawah. 

Semoga tulisan di atas cukup memberikan inspirasi mengenai bagaimana membuat instalasi hidroponik sistem sumbu memakai botol bekas. Jika masih bingung silakan perhatikan tayangan video cara membuat hidroponik wick system di bawah ini.


Sekian informasi mengenai hidroponik sistem sumbu ini, semoga bermanfaat. Happy farming, selamat berkebun :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.