IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Penyakit Busuk Buah Botrytis dan Pengendaliannya - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Penyakit Busuk Buah Botrytis dan Pengendaliannya

Urban Hidroponik - Masih seputar penyakit busuk buah, kali ini kita akan berbagi mengenai penyakit busuk buah botrytis. Serangan infeksi biasanya terjadi pada musim hujan dan akibatnya buah akan busuk jelang kematangannya.

Penyakit busuk buah botrytis ini digolongkan juga sebagai penyakit pascapanen sebab gejala busuk terjadi atau tampak saat buah sedang dalam pengangkutan atau saat buah dalam penyimpanan. Jenis-jenis kapang Botrytis yang menyerang berbagai jenis buah.

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah Botrytis

Infeksi kapang Botrytis cukup berat, terjadi melalui bunga. Mahkota bunga yang terserang menjadi kering dan gugur. Buah akan membusuk menjelang masak. Khususnya pada saaat iklim sering lembab atau pada musim hujan. Ranting akan terserang bila malai bunga dan daun terserang hebat. 

Botrytis cinerea Pers 
Penyakit yang ditimbulkan disebut busuk kapang kelabu. Mungkin karena permukaan buah yang busuk terdapat kapang berwarna kelabu bertepung. Kulit melepas dari daging buah dan warrnanya agak cokelat.Tingkat selanjutnya daging buah mulai membusuk kemudian lunak berair.

Menyerang stroberi, almon, kesemek, jeruk, alpukat dengan gejala bagian yang terserang mula-mula keras kemudian menjadi lunak dan lembek serta lebih gelap. Kemudian buah menjadi busuk bonyok dan seluruh kulit buah diselaputi debu spora berwarna kelabu.

Cara Pengendalian Busuk Buah Botrytis
  • Sanitasi umum yaitu sumber-sumber infeksi dimusnahkan 
  • Pertukaran udara, dapat dilakukan dengan pemangkasan secara tepat dengan mengurangi tunas-tunas daun yang tumbuh berlebihan 
  • Kepekaan terhadap serangan Botrytis dapat dikurangi dengan cara mengurangi pupuk nitrogen saat masa pertumbuhan dengan maksud mengurangi tumbuhnya tunas-tunas baru dan buah yang tinggi kandungan airnya 
  • Panen, pengangkutan dan penyimpanan buah diusahakan sebaik mungkin 
  • Pengendalian secara kimiawi dengan cara membunuh sumber infeksi pada daun 
  • Untuk menghindari serangan busuk setelah panen sebaiknya buah dicuci dengan air panas dan disimpan dalam suhu serendah mungkin 


Ciri khas dari serangan kapang botrytis yaitu berupa cendawan kelabu pada buah membusuk. Sekian berbagi mengenai penyakit busuk buah botrytis ini semoga bermanfaat. Happy farming, selamat berkebun :)

Daftar Pustaka
Nurida, SP., Penyebab Buah Busuk dan Pengendaliannya, 2010 Bakorluh Prop. Bangka Belitung
Sumber gambar: http://www.apsnet.org/publications/imageresources/PublishingImages/2009/IW000098.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.