IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Penyakit Busuk Buah Rhizopus dan Pengendaliannya - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Penyakit Busuk Buah Rhizopus dan Pengendaliannya

Urban Hidroponik - Penyakit busuk buah rhizopus merupakan salah satu jenis busuk buah yang sering menyerang tanaman buah petani. Kapang rhizopus merupakan penyebab penyakit busuk pada anggur, jambu mete, durian, melon, semangka, stroberi dan sebagainya.

Jenis-jenis kapang Rhizopus menimbulkan kerusakan berbentuk busuk buah memiliki cukup banyak varian. Simak yuk.

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah oleh Rhizopus

Berikut ini beberapa jenis rhizopus yang menyebabkan penyakit busuk buah pada berbagai tanaman buah yang umum terjadi.

Rhizopus Nigricans Ehr 
Kapang inimenimbulkan penyakit busuk buah dan dikenal di seluruh sentra produksi jeruk di dunia.Gejala awal penyakit ini berupa bercak-bercak kuning pucat atau kuning agak berkerut. 

Bercak berkembang menjadi busuk kemudian buah diselaputi miselia dan bentuk tubuh buah kapang lainnya. Buah busuk ini akhirnya dilapisi tepung tipis berwarna hitam atau kelabu.

Rhizopus Artocarpi Raciborski 
Kapang ini menyebabkan penyakit busuk buah pada nangka, disebut juga Rhizopus jackfruit Rot. Infeksi biasanya terjadi melalui bunga jantan atau pada buah-buah yang masih muda. Sporanya disebarkan melalui angin.

Serangan awal tampak dari luar berupa pertumbuhan miselia berwarna kelabu yang kemudian menjadi lebih gelap dengan sporangia-sporangia berwarna hitam. Serangan lebih lanjut menyebabkan seluruh buah menjaadi busuk kemudian gugur.

urban hidroponik, sayuran hidroponikRhizopus Stolonifer Lind 
Kapang ini menyebabkan penyakit busuk buah pepaya. Hanya menyerang buah-buah masak yang telah terluka. Buah-buah mentah utuh, sehatdan tidak terluka tidak akan diserang. 

Berbeda dengan kapan Phytophthora yang dapat menyerang buah pada semua tingkat kematangan dan buah-buah yang tidak terluka. Cendawan ini menimbulkan buah busuk bonyok.

Rhizopus Cirxinans v. Tilgh dan R. arrchizus Fischer
Kedua jenis kapang ini menyebabkan timbulnya busuk kulit (Hull Rot) pada buah almond di California dan Australia.Infeksi terjadi bila kulit buah pecah dan retak.Kulit yang pecah ini menjadi alur-alur bercak tidak teratur dan berlendir.Jaringan ini kemudian mati menimbulkan cacat alur mengerut pada buah.

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah Rhizopus
  • Karena cendawan ini menyerang saat luka maka pada saat pemetikan, pengepakan, pengangkutan dan penyimpanan buah harus dilakukan secara berhati-hati. 
  • Sanitasi kebun senantiasa dilakukan dengan sebaik-baiknya. Buah-buah busuk harus segera dimusnahkan agar tidak menjadi sumber inokulum berikutnya. 
  • Semut yang merupakan pembawa spora serta kepik dan serangga lainnya yang dapat menimbulkan luka pada buah segera diberantas. 
  • Busuk buah pada nangka dapat dicegah dengan penyemprotan bubur bordeux setiap tiga minggu selama pohon berbunga dan awal pembentukan buah 
  • Perendaman buah-buah pepaya ke dalam air panas, suhu 48° C selama 20 menit dapat mencegah infeksi jamur Rhizopus. 
sampai ketemu di artikel busuk buah berikutnya, masih ada beberapa jenis penyakit busuk buah yang belum kita bagikan. Selamat berkebun, happy farming :)

Daftar Pustaka
Nurida, SP., Penyebab Buah Busuk dan Pengendaliannya, 2010 Bakorluh Prop. Bangka Belitung
Sumber gambar: http://www.apsnet.org/publications/imageresources/PublishingImages/2009/IW000098.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.