IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Penyakit Busuk Buah oleh Jamur Phytophthora dan Pengendaliannya - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Penyakit Busuk Buah oleh Jamur Phytophthora dan Pengendaliannya

Urban Hidroponik - Dalam artikel sebelumnya kita telah berbagi mengenai penyakit busuk buah yang sekurangnya disebabkan oleh beberapa jenis patogen. Dalam artikel ini kita akan berbagi mengenai penyakit busuk buah oleh jamur, beserta pengendaliannya.

Jamu yang menyebabkan busuk buah dapat menyerang aneka jenis buah, mulai dari pepaya, nanas, jambu biji, melon, semangka dan sebagainya.

Cara Mengatasi Penyakit Busuk Buah Jamur Phytophthora

Jamur-jamur penyebab penyakit busuk buah pada umumnya berupa jamur phytophthora. Beberapa di antara jamur phytophthora yang menyebabkan busuk buah adalah sebagai berikut.

Phytophthora Palmivora Butl 
Jenis jamur yang satu ini atau disebut juga kapang (buluk/cendawan) menjadi penyebab utama penyakit layu phytophthora pada pepaya. Gejalanya berupa busuk batang dan buah, bahkan menyerang daerah akar menyebabkan busuk akar, layu kecambah/tanaman muda atau kanker pada leher batang. 

Gejala awal terlihat pada batang dan buah. Bagian batang di sekitar buah dan pada buah tumbuh bercak-bercak kecil basah dan tidak berwarna. Bercak-bercak akan membesar dan meluas. Namun buah muda atau buah mentah tidak diserang kecuali buah luka. Selain menyerang pepaya juga menyerang buah sawo, durian dan sirsak.

Phytophthora Cinnamoni 
Kapang ini menyerang tanaman nanas di Hawaii dan Australia, khususnya pada lahan-lahan yang jelek drainasenya dan tinggi curah hujannya. Penyakit yang ditimbulkannya menyebabkan buah muda menjadi busuk terutama buah yang berasal dari tanaman anakan yang berdekatan atau bersentuhan dengan tanah.

Phytophthora nicotianae B de Haan 
Kapang ini penyebab timbulnya buah busuk basah pada jambu biji, melon dan semangka. Pada bagian yang busuk bila iklim senantiasa lembab akan tumbuh dan berkembang miselia dan sporangia berwarna putih dari kapang ini. Penyakit ini cukup merugikan bagi petani buah di Malaysia dan India.

Phytophthora drechleri Tucker dan Phytophthora capsicileonian 
Kapang ini menyerang dan menimbulkan busuk buah pada melon dan semangka. Di India, cendawan ini juga menyerang buah markisa.

Phytophthora citricola 
Merupakan jenis kapang penyebab busuk buah pada alpukat di California

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah oleh Jamur
  • Melakukan sanitasi lahan 
  • Pengaturan saluran drainase 
  • Tanaman di tanaman di atas bedengan 
  • Untuk mencegah serangan, saat awal penanaman bibit dicelup dalam larutan bubur bordeux dan captafol 
  • Agar dihindari penanaman bersama, berdekatan tau melakukan rotasi tanaman bagi jenis pohon buah yang sama-sama peka terhadap penyakit busuk buah phytophthora 
Beberapa jenis penyakit busuk buah oleh jamur di atas mungkin terjadi atau menyerang tanaman buah Anda. Semoga kiat pengendaliannya bisa diaplikasikan dan berdampak baik. Selamat berkebun, happy farming :)

Daftar Pustaka
Sumber tulisan: Penyebab Buah Busuk dan Pengendaliannya, 2010 oleh Nurida, SP (Bakorluh Prop. Bangka Belitung)
Sumber gambar: http://agdev.anr.udel.edu/weeklycropupdate/wp-content/uploads/2009/08/PhytophthoraWatermelon1.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.