IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Kalibrasi TDS EC Meter Digital - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Kalibrasi TDS EC Meter Digital

Urban Hidroponik - Cara kalibrasi TDS EC meter? Alat pengukur PPM dan konduktivitas nutrisi hidroponik yang kita gunakan biasanya sudah siap pakai, tidak perlu kalibrasi. Lain halnya dengan pH meter yang harus dikalibrasi sebelum dipakai.

Bila Anda pernah melakukan kalibrasi pH meter, Anda juga akan bisa melakukan kalibrasi untuk TDS EC meter. Caranya nyaris sama, bedanya hanya terletak pada penambahan/pengurangan angka saja. Pada pH meter dilakukan dengan memakai bantuan obeng yang sudah disediakan.

Pada TDS EC meter tidak demikian. Lalu, gimana? Sabar, artikel ini ditulis untuk berbagi mengenai cara kalibrasi TDS EC meter.

Cara Kalibrasi TDS EC Meter


Sebelumnya dari mana Anda tahu bahwa TDS EC meter Anda harus dikalibrasi? Bagi yang memiliki 2 alat TDS EC meter tentu mudah, keharusan untuk melakukan kalibrasi terjadi ketika kedua alat ukur tersebut tidak menunjukkan hasil yang sama ketika digunakan untuk mengukur larutan nutrisi ab mix.

Bagi Anda yang hanya memiliki 1 alat ukur, bagaimana Anda tahu kalau TDS EC meter Anda harus dikalibrasi? Nah loh, gimana?

Cara Kalibrasi TDS EC Meter Digital
Pertama, Anda harus memiliki cairan kalibrasi khusus untuk kalibrasi TDS EC Meter. Tinggal beli aja ya, sudah banyak yang jual secara online. Harganya berkisar antara 20-30 ribu rupiah.

Kedua, nyalakan alat TDS EC meter yang akan dikalibrasi dan celupkan ke dalam botol yang berisi cairan/larutan kalibrasi.

Ketiga, tekan dan tahan  tombol TEMP. Tunggu sampai angka di layar digital tidak berkedip. Kemudian lihat angkanya apakah sudah sama dengan angka yang tertera pada botol/kemasan cairan kalibrasi?

Bila angka pada TDS EC meter Anda berada di bawah angka kalibrasi, tekan tombol TEMP untuk menyamakan angkanya.

Bila angka pada TDS EC meter Anda lebih besar dari angka kalibrasi, maka tekan tombol HOLD untuk menyamakan angkanya.

Keempat, jikabila angka sudah sama dengan angka kalibrasi, tekan dan tahan tombol TEMP lagi sampai angka tidak berkedip.

Kelima, ukur lagi cairan kalibrasinya, pastikan angkanya akurat. Bila angkanya sama berarti kalibrasi telah selesai dan TDS EC meter Anda sudah berada di jalan yang benar.

Nah, demikian cara melakukan kalibrasi untuk TDS EC Meter. Sebagai catatan cairan kalibrasi bisa disimpan untuk dipakai lagi di waktu yang akan datang. Selamat berkalibrasi selamat berkebun 😂


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.