IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A 9 Instalasi Akuaponik Sederhana Berbahan Akuarium - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

9 Instalasi Akuaponik Sederhana Berbahan Akuarium

Urban Hidroponik - Berkebun akuaponik bisa dilakukan dengan cara sederhana, konsep akuaponik sederhana berbahan akuarium sepertinya paling mudah diaplikasikan di rumah-rumah. Selain itu Anda bisa membuat instalasi akuaponiknya sebagai kebun sekaligus sebagai hiasan.

Instalasi Akuaponik Berbahan Akuarium

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat instalasi akuaponik akuarium sederhana ini. Di antaranya adalah akuarium, cahaya, media filter, jenis tanaman, dan sirkulasi. Sekarang mari kita rinci satu demi satu.

instalasi akuaponik sederhana

Akuarium untuk Akuaponik
Ada dua pilihan akuarium untuk akuaponik, Anda bisa memakai akuarium berbahan kaca bening atau akuarium berbahan kaca gelap. Pertumbuhan lumut pada akuarium berkaca gelap relatif lebih lambat ketimbang akuarium berkaca bening meskipun disimpan di luar ruangan dan terkena cahaya matahari langsung. Ketebalan kaca yang digunakan setidaknya setebal 5 mm atau lebih. Ukuran akuarium yang bisa digunakan untuk akuaponik sifatnya suka-suka, mulai dari yang mini sampai yang besar.

akuaponik akuarium, jasa akuaponik

Ketersediaan Cahaya untuk Tanaman dan Ikan
Pertumbuhan tanaman dan ikan sangat dipengaruhi oleh cahaya, kebutuhan cahaya harus terpenuhi baik untuk ikan maupun untuk tanaman. BIla instalasi akuaponik Anda nantinya akan disimpan di dalam ruangan, sebaiknya gunakan cahaya buatan untuk menggantikan cahaya matahari, misalnya bisa menggunakan lampu LED atau menggunakan lampu khusus untuk merangsang pertumbuhan tanaman (LED Growth)

contoh instalasi akuaponik sederhana

Media Filter Akuaponik
Instalasi akuaponik berbahan akuarium ini sifatnya mini, oleh karena itu pada umumnya memakai teknik media base atau gravel bed. Artinya, media tanam berfungsi juga sebagai filter air yang merekaya amonia menjadi nitrit nitrat. Anda bisa memilih aneka jenis media tanam, bisa menggunakan batu apung, zeolite dan cocopeat, kerikil dan batuan kecil lainnya. Supaya filter dan rekayasa amonia berjalan maksimal, sebaiknya tambahkan pula teknik pasang surut memakai siphon bell. (Artikel mengenai siphon bell akan kami buat terpisah)

akuaponik akuarium pemula

Sirkulasi Air dan Oksigen
Faktor penting lain yang harus diperhatikan adalah sirkulasi dan oksigen. Air kolam harus disirkulasi ke media tanam agar amonia di dalam akuarium terfilter dan terurai menjadi nutrisi bagi tanaman. Gunakan pompa akuarium yang sesuai kebutuhan. Agar hasilnya maksimal jangan lupa tambahkan juga aeorator agar ikan memiliki pasokan oksigen yang cukup.

jasa akuaponik

Jeni Tanaman Akuaponik
Tanaman apa saja yang bisa dibudidayakan memakai teknik akuaponik khususnya di dalam ruangan? Semua tanaman yang bisa dibudidayakan secara hidroponik tentu bisa dibudidayakan secara akuaponik. Bila instalasi akuaponiknya berada di dalam ruangan, Anda hanya perlu menambahkan cahaya buatan (artifisial light gardening)

akuaponik sederhana pemula

Jenis Ikan Akuaponik Akuarium
Ikan apa yang sebaiknya digunakan untuk akuaponik akuarium ini? Saran kami sebaiknya gunakan ikan hias yang berwarna karena fungsi akuaponik akuarium ini lebih besar berperan sebagai hiasan dari pada produksi pangan. Anda bisa memilih aneka jenis ikan, silakan, bebas pilih.
model akuaponik sederhana

9 Instalasi Akuaponik Akuarium Sederhana
Berikut ini beberapa model akuaponik sederhana memakai akuarium yang kami culik dari beberapa sumber (sumber disertakan dalam daftar pustaka).

jasa akuaponik akuarium


Kenapa akuaponik? Kami sudah menjawab pertanyaan ini pada banyak artikel sebelumnya, secara garis besar karena akuponik menghasilkan pangan sehat organik dan ikan segar bergizi. Sekarang waktunya bagi Anda untuk mencoba mengaplikasikan semua contoh instalasi akuaponik di atas. Selamat berkebun, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Daftar Pustaka
https://id.pinterest.com/urbangardens/
https://id.pinterest.com/pin/397653842080652937/
https://id.pinterest.com/pin/299700550182995196/
https://id.pinterest.com/pin/58828338856294565/
https://id.pinterest.com/pin/119978777549780044/
https://id.pinterest.com/pin/477874210441429968/
https://id.pinterest.com/pin/540361655263160608/
https://id.pinterest.com/pin/501307002245213676/
https://id.pinterest.com/pin/495396027734438511/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.