IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membuat Hidroponik Sistem Tetes Botol Plastik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membuat Hidroponik Sistem Tetes Botol Plastik

Urban Hidroponik - Hidroponik botol plastik memiliki banyak sekali variasi sistem hidroponik yang bisa diaplikasikan, kemarin kita sudah berbagi mengenai hidroponik sistem sumbu botol plastik. Sekarang kita akan berbagi tentang cara membuat hidroponik sistem tetes botol plastik.

Hidroponik sistem tetes (drip system hydroponic) memang butuh biaya lebih ketimbang sistem sumbu karena ada beberapa bahan yang harus dibeli lagi selain botol plastik. Keunggulan hidroponik sistem tetes salah satunya pada pemakaian energi yang relatif hemat, karena pemakaian listrik tidak perlu 24 jam.

Artinya sistem fertigasi hanya dijalankan pada waktu tertentu saja. Selain hemat listrik, hidroponik sistem tetes botol plastik terbilang artistik, sehingga instalasinya bisa dijadikan karya seni untuk menghiasi rumah Anda baik interior maupun eksterior.

Hidroponik Sistem Tetes Botol Plastik Bekas


Sekarang, mari kita langsung saja bagikan cara membuat hidroponik sistem tetes botol plastik. Btw, tutorial berikut sifatnya scale-up, artinya Anda bisa kembangkan lagi di rumah dengan kuantitas lebih banyak. Berikut ini alat dan bahan yang harus Anda siapkan:

  • Botol plastik bekas
  • Selang HDPE
  • T-joiner dan sambungan 5mm
  • Mesin bor+holesaw
  • Solder listrik

Cara Membuat Hidroponik SIstem Tetes Memakai Botol Plastik
Berikut ini langkah kerjanya (Agar lebih jelas Anda bisa melihat panduan dalam gambar atau melihat tayangan video yang telah kami sematkan di bagian akhir tulisan)

  • Lobangi bagian bawah botol dengan solder listrik (untuk memudahkan memasukkan mata bor) 
  • Bor bagian bawah botol memakai mesin bor + holesaw pada lobang yang telah dibuat memakai solder
  • Buat jendela pada botol (lobangi bagian sisi botol)
  • Simpan T-Joiner 5mm pada sisi botol (ikat dengan ripet)
  • Susun sedemikian rupa sehingga kurang lebih tampak seperti terlihat pada gambar

urban hidroponik

urban hidroponik

urban hidroponik

urban hidroponik

urban hidroponik

urban hidroponik

cara membuat hidroponik sistem tetes
Hidroponik sistem tetes botol plastik atau disebut juga hidroponik botol gantung ini memang cukup rumit, akan tetapi buat Anda yang ulet kami kira semua penjelasan, gambar, dan video yang disertakan dalam tulisan ini sudah sangat berisi informasi yang jelas. 

Masih kurang jelas? Sungguh TER LA LU :D kalau kurang paham juga silakan simak videonya di bawah ini. Selamat mengulik, sukses ya :)




Sekian informasi mengenai cara pembuatan instalasi hidroponik sistem tetes botol plastik/hidroponik botol gantung ini. Semoga menginspirasi. Selamat berkebun, happy farming :) 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.