IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Nutrisi Hidroponik Alternatif (Berkebun Hidroponik Tanpa Nutrisi AB Mix) - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Nutrisi Hidroponik Alternatif (Berkebun Hidroponik Tanpa Nutrisi AB Mix)

Urban Hidroponik - Nutrisi hidroponik alternatif sebenarnya banyak tersedia di sekitar kita, mulai dari pupuk organik sampai pupuk kimiawi. Keduanya bisa dijadikan alternatif pengganti nutrisi AB Mix.

Pada prinsipnya pupuk hidroponik merpuakan pupuk kimia dengan "ramuan" unsur hara makro dan mikro yang lengkap. Jadi sangat memungkinkan bagi Anda bereksperimen atau membuat nutrisi hidroponik sendiri di rumah tanpa harus ketergantungan nutrisi hidroponik yang beredar di pasaran.

Hidroponik Tanpa Nutrisi AB Mix


Satu bulan yang lalu kami menanam cabe merah di instalasi hidroponik wick system pipa PVC. Media tanam yang digunakan yaitu arang sekam. Akan tetapi kami kehabisan nutrisi, alhasil cabe yang sudah pindah tanam tersebut dibiarkan tanpa nutrisi.

Kemudian sebagai pengganti nutrisi digunakanlah kotoran kambing kering ada di rumah. Setengah dari netpot kami isi dengan kotoran kambing tersebut. Sampai sekarang tanaman cabe yang disimpan pada instalasi wick system tersebut tidak pernah diberi nutrisi AB Mix tapi masih bisa tumbuh dengan baik bahkan sudah berbunga.

Pupuk Organik Pengganti Nutrisi AB Mix
Kasus ini mungkin belum tentu akan memberikan hasil yang sama bila diterapkan di rumah Anda, hanya saja sebagai bahan percobaan silakan bila mau mencobanya. Komposisi antara kotoran kambing terlihat seperti pada gambar di bawah ini (Kotoran kambing : arang sekam = 60:40)

nutrisi hidroponik alternatif

Tayangan video mengenai  hasil tanam cabe memakai nutrisi hidroponik alternatif ini bisa dilihat dalam video di bawah ini:



Catatan: Pengalaman ini hanya "ketidaksengajaan" kami sendiri belum mengetahui hasil akhirnya seperti apa, kita akan kembali menulis artikel ini setelah cabe tersebut berhasil panen. Tunggu ya :) Sampai ketemu di artikel hidroponik berikutnya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.