IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menanam Cengek Sistem Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menanam Cengek Sistem Hidroponik

Urban Hidroponik (Karawang) - Setiap rumah pasti butuh cengek tapi sayangnya tidak semua rumah punya pohon cengek. Mungkin karena keterbatasan lahan dan sebagainya. Padahal sekarang kita sudah mengenal sistem tanam hidroponik yang hemat lahan.

Buat Anda yang ingin belajar menanam cengek memakai sistem hidroponik, kita belajar yuk gak sulit kok. Sebelum kita memulai pastikan sudah ada sistem hidroponik di rumah Anda.

Kebun Cengek Hidroponik


Bila Anda belum memiliki sistem hidroponik, Anda bisa membuat sistem hidroponik sederhana seperti hidroponik wick system botol plastik, wick system baki, atau wick system pipa pvc. Atau Anda bisa menonton tutorialnya pada video Tutorial Wick System Botol Bekas.

Cara Menanam Cengek Sistem Hidroponik
Langkah pertama yang harus dilakukan setelah Anda memiliki sistem hidroponik adalah, menyiapkan benih. Anda dapat menyemai benih ini dengan berbagai cara dan berbagai media, misalnya langsung menyemai pada rockwool, menyemai benih pada tisue, menyemah benih pada sekam, dan lain sebagainya.

Kebun cengek hidroponik

Kedua, setelah benih tumbuh menjadi bibit cengek dan berdaun sekurang-kurangnya 2 helai, pindahkan bibit tersebut ke dalam netpot hidroponik.

Ketiga, Berikan nutrisi yang seimbang dengan kebutuhan tanaman agar proses pertumbuhannya sangat baik.

Kiat lainnya yaitu lakukan pemindahan bibit pada sore hari supaya bibit tetap segar di habitat barunya. Bila memindahkan bibit pada pagi hari biasanya bibit akan mengalami layu tapi jangan kuatir karena bibit masih hidup dan kembali segar pada sore atau malam hari.

Supaya lebih jelas, Anda dapat menyimak tutorialnya pada video Cara Menanam Cengek Memakai Sistem Hidroponik



Gimana, gampang kan? Selamat berkebun, jangan lupa berbagi dan berkomentar. Terima kasih telah berkunjung ke website kami.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.