IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Rekayasa Amonia Menjadi Nutrisi Tanaman untuk Akuaponik Vertiminaponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Rekayasa Amonia Menjadi Nutrisi Tanaman untuk Akuaponik Vertiminaponik

Urban Hidroponik - Berkebun dan beternak ikan memakai teknik akuaponik tentu harus disertai juga dengan kemampuan melakukan rekayasa amonia menjadi nutrisi tanaman. Prinsip akuaponik dan vertiminaponik sudah ditulis dalam artikel sebelumnya, prinsipnya yaitu memanfaatkan kotoran ikan untuk dijadikan nutrisi bagi tanaman.

Silakan baca artikel Cara Membuat Vertiminaponik dan Prinsip Dasar Akuaponik. Ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk merekayasa kotoran ikan menjadi pupuk, kali ini saya akan membagikan teknik rekayasa amonia dari BPTP Jakarta.

Cara Mengubah Amonia Menjadi Pupuk Tanaman


Berdasarkan penyimakan dari video yang dirilis oleh rekan-rekan BPTP Jakarta, keunggulan berkebun memakai teknik akuaponik yang mereka sebut vertiminaponik ialah kecukupan nutrisi untuk tanaman. Intinya, semua nutrisi (unsur hara makro dan mikro) yang dibutuhkan tanaman sudah tercukupi dengan proses rekayasa amonia.

Lebih jauh lagi, teknik rekayasa amonia ini sangat sederhana, tidak memerlukan bahan dan alat khusus yang sulit dicari. Proses rekayasa amonia tersebut terjadi dalam media filter yang di dalamnya ditempatkan bahan-bahan filter yang bisa mengubah amonia menjadi pupuk dan membersihkan air.

Bahan apa saja yang diperlukan? Anda hanya butuh zeolite ukuran besar, zeolite ukuran kecil, dan pupuk kompos. Ya, hanya perlu tiga bahan sederhana itu saja. Untuk zeolite bisa dibeli di toko pet shop atau toko water filter. Adapun pupuk kompos tentu Anda bisa mencarinya di toko pertanian terdekat.

Rekayasa amonia bertujuan untuk mengubah kotoran ikan menjadi nutrisi tanaman.

Langka 1
Siapkan media untuk menyimpan filter, Anda bisa menggunakan talang UPVC atau jenis lain yang memilik fungsi sama.

Langkah 2
Pada talang yang telah disiapkan, hamparkan batu zeolite besar sebagai lapisan filter paling bawah. Ketebalannya sekitar 2cm.

Langkah 3
Tutup lapisan paling bawah dengan kain kasa kemudian taburkan lagi zeolite dengan ukuran lebih kecil di atasnya, ketebalannya sekitar 2 cm juga.

Langkah 4
Lapisan filter paling atas terdiri dari zeolite kecil yang sudah dicampur dengan pupuk kompos. Komposisi campurannya yaitu 3:1.

Jangan lupa setiap lapisan filter amonia di atas harus ditutupi dengan kain kasa, agar setiap lapisan tidak berbaur karena terdorong air.

Teknik rekayasa amonia di atas sangat sederhana dan kita bisa melakukannya di rumah masing-masing. Buat Anda yang memiliki kebun hidroponik dan kolam ikan maupun akuarium, cobalah untuk meggabungkannya keduanya. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot memikirkan nutrisi tanaman karena kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi secara otomatis.

Sekian sharing informasi mengenai cara mengubah amonia menjadi nitrit nitrat ini semoga bermanfaat, semoga menginspirasi. Yuk, berkebun hidroponik, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.