IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Kiat Memilih Bahan Rak Hidroponik Portable - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Kiat Memilih Bahan Rak Hidroponik Portable

Urban Hidroponik - Hidroponik portable semakin hari semakin mendapatkan banyak penggemar. Keunggulan portable hydroponic garden ini berada pada keringkasan instalasi, hemat ruang, dan yang paling penting bisa digeser ke sana, ke sini, ke situ, ke manapun yang Anda mau (selama itu memungkinkan)

Sekarang kita akan berbagi mengenai kiat memilih bahan rak hidroponik portable yang baik untuk keperluan di luar ruangan.

Rak Instalasi Hidroponik Portable


Ada banyak pilihan material yang bisa digunakan untuk membuat rak hidroponik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Bahan yang bisa dipilih antara lain berupa:

  • Kayu Reng/Kaso
  • Tiang Bambu
  • Pipa PVC
  • Besi Siku
  • Baja Ringan
  • Aluminum
Rak Hidroponik Berbahan Kayu
Kayu yang paling ideal untuk dijadikan rak hidroponik biasanya berupa kaso/reng. Pilih saja jenis kayu yang kuat (hindari memakai kayu albasiah/jeungjing/jengjen karena mudah lapuk). Memakai kayu untuk rak hidroponik biayanya memang murah akan tetapi daya tahannya kurang lama karena kayu mudah lapuk dan rusak, terlebih untuk luar ruangan. 

Bila ingin raknya lebih awet Anda harus memoles kayu tersebut dengan cat kayu. Hal yang harus diperhatikan lagi penempatan rak usahakan jangan langsung di permukaan tanah. Ganjal dengan bata atau lainnya hal ini dilakukan untuk menghindari rayap.

Perkiraan harga kayu reng ini sekitar 40 ribu/batang (harga tahun ini) mungkin berbeda antara 5-10 ribu di lokasi lain. Panjang kayu reng 4 meter saja.

Rak Hidroponik Berbahan Bambu
Selain kayu, Anda bisa menggunakan bambu sebagai rak hidroponik. Daya tahan bambu tidak begitu awet terlebih  bila selalu kena panas biasanya bambu akan belah-belah dan lapuk ketika musim hujan. Terlebih proses merangkainya kurang kuat bila hanya mengandalkan paku. Sebagai tambahan agar tampilan lebih cantik Anda bisa menggunakan tali injuk/ijuk untuk mengikat bambu.

Seperti halnya kayu, hindari menyimpan rak hidroponik bambu langsung di atas tanah, gunakan alas. Dan lapisi bambu dengan cat kayu supaya awet.

Harga bambu perbatang yang pernah kita beli sekitar 15 ribu/batang, panjangnya bervariasi, kami datang langsung ke pemilik kebun bambu.

Rak Hidroponik Berbahan Pipa PVC
Keunggulan rak hidroponik pipa PVC terletak pada kemudahan perakitan, hanya saja kekokohannya kurang bisa diandalkan untuk instalasi berukuran besar. Selain goyang dan mudah patah (bila kena benturan keras) pipa PVC mudah melengkung bila menahan beban terlalu berat terlebih bila terkena panas setiap hari.

urban hidroponik, urban farming, jasa hidroponik, vertiminaponik

Bila Anda ingin memakai PVC untuk rak, gunakan pipa dengan tipe AW agar raknya lebih kokoh dan kuat. Pastikan instalasi dirakit dengan presisi. Supaya lebih artistik Anda bisa mengecatnya dengan warna yang diinginkan. 

Kisaran harga untuk PVC ukuran 1" biasanya sekitar 50 ribu sudah dapat yang tipe AW, panjang pipa 4 meter.

Rak Hidroponik Besi Siku
Besi siku termasuk material yang banyak digunakan untuk membuat rangka terutama rak, baik itu lemari maupun lainnya. Kita bisa memakai besi siku ini untuk membuat rak hidroponik, hasilnnya pasti kuat dan kokoh. Selain itu Anda tidak perlu lagi mengecat karena biasanya besi siku sudah dicat dari pabriknya. Anda hanya perlu mengecat mur bautnya saja supaya tidak menjadi sumber karat.

Hanya saja Anda butuh alat-alat tertentu untuk bisa merangkai besi siku menjadi rak, yaitu gergaji besi atau bisa memakai gunting baja. Silakan lihat tutorial memotong besi siku dalam hitungan detik dalam video ini Cara Cepat Memotong Besi Siku.

Harga besi siku yang bagus sekitar 75 ribu/batang (biasanya dicat warna putih dan ketebalannya sekitar 2mm) satu lagi 65 ribuan/batang dicat warna abu-abu dan hanya setebal 1mm saja.

Rak Hidroponik Baja Ringan
Baja ringan yang biasa digunakan untuk membuat rak hidroponik ini berupa baja ringan jenis C (Canal) baja ringan didesain untuk tahan air garam dan korosi lainnya. Hanya saja butuh alat khusus untuk merangkai rak baja ringan, salah satunya berupa mesin bor yang digunakan untuk memasang screw ke baja ringan. Harga baja ringan sekitar 75 ribuan/batang dengan panjang 6 meter.

Rak Hidroponik Aluminum
Rak hidroponik yang satu ini jarang dipakai karena biayanya yang masih relatif mahal. Harga aluminum bisa 3-5 x lipat harga baja ringan. Masalah kualitas dan kekuatan, jangan ditanya lagi, Aluminum tidak akan berkarat dan tahan untuk jangka waktu lama.

Berdasarkan pengalaman kami membuat rak hidroponik, biaya pembuatan rak hidroponik memakai baja ringan jauh lebih murah dari pada memakai pipa PVC, silakan lihat perhitungannya dalam video yang kami embed berikut ini:


Dari semua bahan di atas, semuanya bisa menjadi rak hidroponik yang sama-sama bagus terlebih dengan daya kreatif yang maksimal Anda bisa membuat rak artistik dari bahan sederhana. Semoga tulisan ini menginspirasi, mari kita hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.