IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Berapakah pH Tanaman Hidroponik yang Ideal? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Berapakah pH Tanaman Hidroponik yang Ideal?

Urban Hidroponik - Salah satu faktor penentu keberhasilan berkebun hidroponik ialah ketepatan nilai pH tanaman hidroponik. Jangan harap bisa menjadi pekebun hidroponik yang sukses bila Anda mengabaikan nilai pH. Kandungan pH yang digunakan dalam nutrisi hidroponik menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi kemampuan tanaman dalam menyerap nutrisi.

Nilai pH Ideal Tanaman Hidroponik

Sebelumnya, kita ketahui dulu tentang pengertian pH (potential hydrogen) artinya jumlah konsentrasi ion hidrogen (H +) yang bersifat asam dan hidroksil (OH-) yang bersifat basa. Skala pH berkisar dari 0-14 dan pH 7 merupakan pH netral misalnya air yang kita minum memiliki nilai pH 7.

pH Tanaman HidroponikApabila pH tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman artinya tanaman akan kehilangan kemampuannya untuk menyerap unsur hara yang diperlukan untuk pertumbuhan. Setiap tanaman hidroponik membutuhkan nilai pH berbeda-beda, tergantung jenis tanamannya. Akan tetapi secara umum tanaman membutuhkan pH antara 5,5-6,5.

Bagaimana Cara Mengukur pH?
Cara yang banyak digunakan untuk mengukur pH hanya satu, yaitu memakai pH meter, ada banyak jenis pH meter yang bisa digunakan. Misalnya Strip pH (berupa lakmus yang dicelupkan ke dalam nutrisi dan hasilnya akan menunjukan rentang pH tertentu), digital pH meter (berupa alat ukur pH digital) atau pH meter analog (alat ukur yang menunjukan nilai pH secara analog).
Urban Hidroponik, Urban Farming, Sayur Sehat HIdroponik
pH meter digital yang banyak digunakan petani hidroponik, selain praktis juga akurat tapi Anda harus melakukan kalibrasi terlebih dahulu.

urban hidroponik, urban farming, jasa hidroponik

pH meter lakmus, murah dan mudah digunakan hanya saja kurang praktis. 

urban hidroponik, urban farming, jasa hidroponik
pH meter analog ini memiliki 3 fungsi, mengukur pH, mengukur intensitas cahaya, dan mengukur kesuburan tanah. Tapi bisa juga digunakan untuk mengukur pH pada perkebunan hidroponik.

Bagaimana Mengukur pH Hidroponik?
Cara mengukur kadar pH yang dibutuhkan untuk berkebun hidroponik dilakukan dengan mengukur kadar pH pada bak nutrisi. Celupkan alat pH meter dan tunggu hasilnya. Setelah itu Anda akan mendapatkan nilai pH-nya. Itu sebabnya penyimpanan pH sangat dianjurkan untuk tidak dikubur secara sempurna. 

Usahakan agar bak nutrisi bisa diakses dengan mudah, hal ini  memudahkan pengukuran pH dan lain sebagainya yang berhubungan dengan bak nutrisi.

pH Beberapa Tanaman Hidroponik
Dalam tabel di bawah ini, Anda bisa melihat nilah pH untuk beberapa jenis tanaman yang biasa digunakan untuk berkebun secara hidroponik.

Urban Hidroponik, Urban Farming

Masih belum punya pH meter? Tenang saja, Anda bisa menabung dan membelinya besok hari. Kisaran harga pH meter ini tidak begitu mahal kok. Yuk hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.