IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Sederhana Mengubah Amonia Menjadi Nitrit Nitrat - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Sederhana Mengubah Amonia Menjadi Nitrit Nitrat

Urban Hidroponik - Faktor penting yang harus diperhatikan ketika membuat instalasi akuaponik yaitu proses rekayasa amonia menjadi nutrisi tanaman (nitrit nitrat). Rekayasa amonia menjadi wajib bagi pelaku akuaponik, tanpa rekayasa amonia, kebutuhan nutrisi tanaman tidak dapat terpenuhi.  

Rekayasa amonia dilakukan dengan memfilter air kolam yang disirkulasi. Sehingga kotoran ikan (amonia) yang bersifat racun bisa diurai menjadi nutrisi tanaman dan kembali bersih ketika masuk lagi ke dalam kolam, sehingga kadar racun pun menjadi bersih.


Cara Mengubah Amonia Menjadi Nutrisi Tanaman Hidroponik


Secara garis besar, proses rekayasa amonia di dunia akuponik dilakukan dengan filter. Ada banyak media filter yang bisa digunakan, misalnya batu apung dan zeolite. Kita sekarang akan mengurai beberapa teknik filter yang biasa dilakukan.


Rekayasa Amonia dengan Teknik Alami
Teknik rekayasa amonia berikutnyaialah teknik alami, yaitu memakai tumbuhan yang memiliki kemampuan untuk mengurai kotoran ikan. Tanaman yang bisa digunakan sebagai filter antara lain duckweed dan enceng gondok.

Rekayasa Amonia dengan Teknik Filter Mekanis 
Teknik filter mekanis dilakukan untuk menyaring kotoran ikan yang bersifat padat, sehingga air menjadi bersih. Media yang biasa digunakan antara lain busa filter atau kasa yang banyak dijual di toko akuraium.  Teknik filter mekanis mengharuskan Anda untuk membersihkan filter secara berkala.


Rekayasa Amonia dengan Teknik Bio Filter 
Teknik bio filter dilakukan dengan menggunakan bakteri. Agar bakteri yang bakteri tersebut bisa berkembang biak dengan baik Anda butuh media tumbuh kembang bakteri, misalnya bioball (bisa didapatkan dengan mudah di toko akuraium). 

akuaponik,urban hidroponik, urban farming

Keuntungan teknik bio filter tidak hanya membersihkan air dari kotoran tapi juga mengurai amonia menjadi nutrisi tanaman. Secara alamai bakteri pengurai tersebut tidak akan langsung berkembang biak pada media filter, butuh waktu antara 1-4 minggu agar bakteri bisaberkembang biak. 

Rekayasa Amonia Teknik Batu-Batuan
Saya namakan saja seperti judul di atas, teknik ini merupakan salah satu teknik yang dikembangkan BPTP Jakarta. Caranya dilakukan dengan memakai batu zeolite yang dicampur pupuk organik. Anda bisa membaca mengenai teknik akuaponik ini dalam artikel Cara Membuat Akuaponik 

Selain memakai zeolite, Anda bisa juga memakai batu apung sebagai media filter. Nyaris semua mediatanam hidroponik sebenarnya bisa digunakan sebagai filter untuk merekayasa amonia menjadi nutrisi tanaman. Hanya saja batu zeolite merupakan media filter paling baik danhasil panennya lebih memuaskan ketimbang media lain (Trubus)

Semoga artikel cara rekayasa amonia ini menginspirasi kita semua. Selamat berkebun, happy farming. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.