IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Tower Hidroponik Pipa PVC, Teknik Berkebun Hidroponik Paling Hemat Lahan - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Tower Hidroponik Pipa PVC, Teknik Berkebun Hidroponik Paling Hemat Lahan

Urban Hidroponik - Hydroponic tower garden merupakan satu-satunya teknik hidroponik paling hemat lahan. Dengan luas laham 50x50 cm persegi atau lebih kecil lagi, Anda bisa memiliki lobang tanam setidaknya 15 lobang tanam. Wow!

Bila Anda bermaksud membuat tower hidroponik sederhana ada beberapahal yang harus diperhatikan, mulai dari jenis pipa, ukuran pipa dan sebagainya.

Cara Membuat Tower Hidroponik Sederhana


Sekarang, sebelum membuat tower hidroponik harap selalu diperhatikan terkait masalah teknis dan persiapan, antara lain sebagai berikut:

Ukuran Pipa Tower Hidroponik
Tower hidroponik harus memakai pipa berukuran minimal 4". Bila Ada membuat 3 kolom netpot sistem fertigasinya bisa disimpan di dalam tower karenaada ruang yang cukup untuk memasukkan pipa fertigasi yang biasanya berukuran 1/2" atau lebih kecil.

Tower Hidroponik dengan Fertigasi Eksternal

Apakah pvc 3" bisa digunakan untuk membuat tower hidroponik? Bisa saja tapi sistem fertigasinya harus di luar tower karena bagian dalam sudah sesak oleh netpot.

Cara Membakar Pipa PVC
Pastikan Anda melakukan pembakaran pipa dengan sempurna, ditandai dengan pemanasan yang merata, tidak gosong, dan tidak over-heat. Pemanasan yang merata akan mempermudah pembentukan sarang netpot, kalau over-heat pipa menjadi rapuh mudah sobek ketika dibentuk, bila gosong Anda harus membersihkan noda gosong tersebut memakai cat atau ampelas.

Alat untuk Membuat Tower Hidroponik
Alat-alat yang digunakan untuk membuat tower hidroponik sangat sederhana saja, yaitu sebagai berikut:

  1. Alat pembentuk baik berupa botol kaca maupun pipa besi
  2. Pemanas, baik berupa heatgun, gas torch, maupun kompor gas
  3. Alat ukur dan gergaji besi
Ketiga alat di atas merupakanalat standar yang dibutuhkan ketika Andamembuat tower hidroponik memakaipipa PVC.

Prinsip Sistem Fertigasi Internalpada Tower Hidroponik

Anda bisa melihat panduan pembuatan tower hidroponik di beberapa video yang telah disediakan, antara lain:


Beberapa video di atas semoga cukup menjelaskan bagaimana proses pembuatan tower hidroponik sederhana. Mengenai ukuran dan teknis pembuatan, silakan tonton video ini sebagai panduan. Selamat berkreasi, selamat berkebun. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.