IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Rak Hidroponik Besi Siku atau Baja Ringan, Siapa Juaranya? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Rak Hidroponik Besi Siku atau Baja Ringan, Siapa Juaranya?

Urban Hidroponik - Beberapa waktu lalu kita pernah diskusi dengan seorang sahabat hidroponik di Karawang mengenai bahan rak hidroponik paling murah dan awet. Pembicaraan tersebut mengerucut pada besi siku dan baja ringan.

Sekarang dalam artikel ini kita akan menghitung besaran biaya pembuatan rak hidroponik memakai besi siku dan baja ringan.

Cara Membuat Rak Hidroponik 


Cara menakar keunggulan masing-masing bahan kami lakukan dengan cara membandingkan ketahanan, harga, dan kekuatan.

Harga besi siku dengan panjang 4 meter untuk kualitas biasa, antara 50-60 ribu rupiah, kualitas yang bagus (sekitar Rp. 75.000/4 meter) sementara baja ringan dijual perpotong sepanjang 6 meter dengan harga 65-75 ribu rupiah (baja ringan canal C75).

Ketahanan masing-masing bahan pun berbeda, besi siku tidak tahan lama bila disimpan di tempat terbuka. Besi siku mudah berkarat terlebih bila terkena hujan. Sementara baja ringan lebih tahan karena bersifat anti karat.

Kekuatan, besi siku dan baja ringan sama-sama kuat menopang beban berat. Hanya sanya keduanya butuh pengerjaan yang presisi (tepat ukuran) agar daya tahannya maksimal.

TIngkat kerumitan memasang rak hidroponik baja ringan dan siku besi nyaris sama, keduanya bisa dikerjakan dengan memakai alat sederhana seperti gunting baja. Tapi baja ringan butuh alat khusus yaitu mesin bor untuk memasang sekrup baja ringan.

urban hidroponik, urban farming, jasa hidroponik
Instalasi Hidroponik PT MAPI Karawang
Contoh gambar di atas merupakan rak hidroponik berbahan baja ringan untuk disimpan di luar ruangan. Menurut hemat kami, bahan baja ringan jauh lebih ekonomis dari pada besi siku. Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.