IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menanam Okra Memakai Sistem Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menanam Okra Memakai Sistem Hidroponik

Urban Hidroponik - Okra (Abelmochus esculentus) yang lebih dikenal dengan nama kacang arab, menjadi populer karena memeliki kemampuan untuk penyembuhan diabetes. Petani yang membudidayakan okra mungkin masih terbatas, mungkin Anda bisa segera berkebun okra sebagai bagian dari gerakan urban farming di kota Anda.

Okra yang berasal dari Asia Tenggara tersebar ke berbagai daerah tropik dan subtropik seperti India, Afrika Barat dan Brazil, termasuk ke Eropa dan Australia. Okra memiliki morfologi tanaman dengan ketinggian yang bisa mencapai 2 meter, ukuran daun 10-20 cm memanjang dan melebar. Diameter bunga sekitar 4-8 cm. Buah okra bisa tumbuh memanjang hingga 18 cm, warna buah okra ada yang hijau atau merah keunguan dan berbiji di dalamnya. Bentuk buah okra seperti belimbing bersegi 5-8 dan mengandung banyak lendir (musilane).

Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan


Selain bagus untuk penderita diabetes, okra juga memiliki banyak manfaat lain yang bagus untuk kesehatan tubuh yaitu sebagai berikut:
  • Okra kaya akan asam folat sehingga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil 
  • Lendir dan serat dalam buah okra dapat membantu menurunkan kadar gula darah 
  • Mencegah dan menyembuhkan sembelit pada orang tua 
  • Makanan diet yang ideal untuk menurunkan berat badan
  • Kadar natrium yang tinggi membuat okra sangat baik untuk sakit maag 
  • Menurunkan kolesterol dalam tubuh 
  • Membantu penyembuhan asma karena mengandung vitamin C. 
  • Meringankan radang paru-paru, sakit tenggorokan dan ambien 
  • Okra menurunkan resiko katarak 
  • Okra dapat menyembuhkan jerawat 
Bila Anda tertarik untuk menanam okra, sepertinya tidak terlalu sulit untuk membudidayakan okra. Baik memakai sistem pertanian konvensional maupun hidroponik. Meskipun dikenal sebagai tanaman yang tidak suka kondisi becek akan tetapi okra bisa dibudidayakan secara hidroponik. Bila sistem hidroponik yang akan digunakan sebaiknya memilih sistem tetes (drip system).

cara menanam okra hidroponikSecara alami okra akan tumbuh baik pada ketinggian 1-800 mdpl, temperatur udara di atas 20ºC (sekitar 30ºC - 35ºC) okra memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap musim kering maupun musim hujan.

Cara Menanam Okra

Okra ditanam melalui biji yang langsung dimasukkan ke dalam lubang tanam maupun melalui media semai terlebih dahulu. Jarak ideal untuk okra memakai sistem hidroponik sekitar 50 Cm tapi bila bisa juga ditanam dengan jarak yang lebih sempit.

Setelah okra berumur 2 bulan buahnya sudah bisa dipanen. Bila Anda bermaksud membuat benih dari buah okra, maka biarkan saja mengering di pohon agar bijinya dapat digunakan untuk benih. Daya tahan buah okra ini bisa dibilang sangat lama yaitu sekitar 10-20 hari di ruangan sejuk. Wow.

Coba tengok tempat tinggal di sekitar, bila ada lahan masih kosong, yuk segera ubah menjadi kebun okra. Ayo! 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.