IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menanam Bawang Merah Tuktuk dari Biji Secara Organik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menanam Bawang Merah Tuktuk dari Biji Secara Organik

Urban Hidroponik - Kendala yang dihadapi ketika menanam bawang merah tuktuk dari biji biasanya kegagalan paska benih tumbuh. Setelah pindah atau sebelum pindah seringkali petani dihadapkan pada matinya bibit yang sudah tumbuh.

Sebenarnya, bagaimana sih cara menanam bawang merah tuktuk yang baik? Lanjut bacanya, kita akan urai di sini.

Cara Menanam Bawang Merah dari Biji

Langkah-langkah penanaman bawang merah seperti juga menanam sayuran lainnya, dimulai dari penyemaian, pemeliharaan dan panen. Setiap tahap akan diurai di bawah ini.

Cara Penyemaian Bawang Merah
Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menyemai benih bawang merah terlebih dahulu. Siapkan media tanam dari campuran pupuk organik dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 yang kemudian dicampur sampai menyatu.

  • Berikutnya siapkan benih bawang merah. Benih bawang merah tidak perlu direndam terlebih dahulu, langsung diletakkan di media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya dengan kedalaman sekitar 1cm saja. Simpan benih bawang merah jangan terlalu rapat tapi juga jangan terlalu jarang, agar pemindahan benih ke tempat penanaman permanen lebih mudah.
  • Tutup benih yang sudah ditabur ditutup dengan campuran pupuk organik dan tanah, jangan terlalu tebal. Cukup sekadar menutupi benih saja. Selanjutnya semaian disiram dengan air pelan-pelan dan hingga cukup lembab.
  • Baki persemaian sebaiknya diletakkan di tempat teduh sampai tumbuh kecambah. Perlu diketahui, kecambah bawang merah pada fase awal mirip dengan daun-daun yang menekuk. Sampai pada tahap ini usahakan tetap berada ditempat teduh atau sedikit terkena panas matahari, baru setelah daun sempurna tumbuhnya bisa diperkenalkan dengan panas matahari.
  • Bibit bawang merah di persemaian baru bisa dipindah ke tempat penanaman permanen setelah umur 1 bulan setelah semai. Memindahkan bibit bawang merah harus hati-hati karena umumnya sangat rapuh, jangan sampai akar dan daunnya putus.

cara menanam biji bawang merah Langkah semai benih bawang merah dari biji seperti di atas saja. Langkah berikutnya adalah penanaman bibit bawang merah.

Penanaman Bibit 
Bawang merah termasuk tanaman yang tidak terlalu rewel untuk ditanam di dalam wadah atau di sekitar rumah. Cukup dengan menanamnya dalam campuran tanah dan pupuk organik 1 : 1, mendapat cukup sinar matahari. Bawang merah yang diletakkan di tempat dengan sinar matahari penuh, tumbuhnya cepat serta lekas membentuk umbi dan ukuran umbinya juga lumayan besar.

Lakukan pemupukan dengan POC (Pupuk Organik Cair) sebanyak sekali setiap dua minggu.  Bawang merah akan siap dipanen setelah berumur 16 minggu (4 bulan) sejak masa semai. Umbi atau bulb bawang merah yang sehat akan berwarna cerah.

Keuntungan menanam bawang merah sendiri secara organik, daun yang sudah menua atau patah, dapat diambil untuk pengganti bawang daun, sementara daun yang tumbuhnya tegak dapat dibiarkan terus tumbuh. Dari segi rasa, bawang merah organik ada kecenderungan agak manis dan dapat diiris tipis untuk campuran salad, rasanya yummy tidak kalah dengan bawang bombai. Selamat mencoba.

Sekian cara menanam bawang merah organik dari biji, semoga menginspirasi. Selamat berkebun, happy farming :)


Penulis: Sri Budi Astuti
Sumber: Menanam Bawang Merah Tuk Tuk dari Biji PDF File

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.