IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Manfaat Selada untuk Kesehatan Tubuh Manusia - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Manfaat Selada untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Urban Hidroponik - Selada (Lactuca Sativa) memiliki sekali banyak manfaat bagi tubuh. Sekarang dalam artikel ini kita akan berbagi manfaat selada untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengonsumsi selada secara rutin dapat memberikan banyak manfaat baik bagi tubuh, sekaligus efek sampingnya juga. Intinya pola makan yang sehat itu adalah pola makan yang sesuai porsinya, tidak berlebihan.

Manfaat Selada Bagi Kesehatan Manusia


Langsung saja, kita akan mulai dari berbagai manfaat selada bagi tubuh manusia, di antaranya adalah sebagai berikut:

Mengurangi Risiko Kerusakan DNA
Menurut sebuah penelitian di University of Ulser menyatakan bahwa mengkonsumsi selada air setiap hari dapat membantu mengurangi kerusakan DNA pada sel-sel darah yang selanjutnya melawan kerusakan DNA yang disebabkan oleh radikal bebas secara signifikan.

Menurunkan Risiko Kanker Payudara
Senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air, memiliki sifat anti kanker yang signifikan. Hasil percobaan yang melibatkan 60 pria dan wanita sehat yang mengkonsumsi sekitar 1 ½ cangkir selada air segar setiap hari selama delapan minggu, menunjukkan hasil positif yaitu penurunan kadar trigliserida darah dengan rata-rata 10%, dan (33% sampai 100%) peningkatan yang signifikan dalam lutein dan konten betakaroten dalam tubuh mereka.

Kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate (PEITC) dalam selada air mampu menekan perkembangan sel kanker payudara. Kandungan manfaat vitamin A dan C pada selada air juga dapat melindungi kulit dari kerusakan berbahaya, yang di picu oleh paparan sinar matahari yang berlebih dan dipercaya sebagai penyebab terjadinya kanker kulit.

Mencegah Tumor
Kandungan PEITC dalam selada air mampu menurunkan resiko terjadinya tumor. Saat tumor mulai berkembang dalam tubuh, senyawa tersebut dapat dengan cepat mengatasi pasokan darah yang ada. Hal ini akan membuat aktivitas jaringan tubuh menjadi normal dan dapat mengirimkan pembuluh darah baru ke tumor untuk memberikan manfaat oksigen dan nutrisi-nutrisi lainnya.

Menurunkan Kolesterol dan Berat Badan
Selada air merupakan sejenis sayuran sangat rendah kalori (hanya 11 kalori per daun mentah 100 g) dan nyaris tak ada lemak di dalamnya. Oleh karena itu para ahli gizi sangat menganjurkan untuk mengkonsumsi selada air guna mengendalikan kolesterol dalam tubuh, serta pengendalian berat badan.

Meningkatkan Imunitas
Selada air yang masih segar memiliki konsentrasi asam karbonat (Vitamin C) yang lebih tinggi dari beberapa jenis buah-buahan dan sayuran. Dari 100 gram daun selada air segar mampu memberikan 47 mg atau sekitar 72% dari RDA vitamin C. Sebagai antioksidan, manfaat vitamin C berfungsi untuk membantu mengatasi radikal bebas.

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C secara teratur dapat membantu menjaga jaringan ikat normal, mencegah kekurangan zat besi, serta dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, seperti infeksi saluran pernafasan, sinusitis, dan lain sebagainya.

Mejaga Kesehatan Tulang
Selada merupakan sumber vitamin K dan manfaat kalsium. Dari 100 gram sajian selada air mampu memberikan lebih dari 200% asupan harian yang diperlukan tubuh. Vitamin K memiliki potensi untuk membantu kesehatan tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrophic (pembentukan dan memperkuat tulang).

Mengurangi Risiko Alzheimar
Kadar vitamin-K dalam selada air membantu mengurangi resiko kerusakan saraf di otak, dengan demikian selada air dapat berperan dalam pengobatan pasien yang menderita penyakit Alzheimer.

Menjaga Fungsi Metabolisme Tubuh
Manfaat selada air juga kaya akan manfaat vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, vitamin B-6 (pyridoxine), thiamin dan asam pantotenat yang penting untuk fungsi metabolisme agar tetap optimal.

Mengontrol Fungsi Jantung dan Tekanan Darah
Selada air juga merupakan jenis sayuran yang kaya akan mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Menurunkan Tekanan Darah
Berdasarkan pada sebuah studi tahun 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Clinical Pharmacology, makanan yang mengandung nitrat makanan seperti selada air telah terbukti memiliki beberapa manfaat vaskular. Hal ini termasuk mengurangi tekanan darah, menghambat agregasi platelet, dan melestarikan atau memperbaiki disfungsi endotel.

Menjaga Fungsi Saluran Pencernakan
Selada air mengandung zat klorofil dalam jumlah yang banyak. Klorofil adalah sumber daya yang luar biasa dari berbagai enzim yang mendukung dan meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Enzim ini membantu tubuh dalam menyerap berbagai nutrisi dan memastikan pencernaan berlangsung dengan cara yang benar.

Mengobati Diabetes
Manfaat selada air mengandung alpha-lipoic acid antioksidan, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien diabetes. Sebuah studi terhadap asam alpha-lipoic menunjukkan penurunan neuropati perifer atau neuropati otonom pada penderita diabetes.

Menurunkan Risiko Gangguan Kardiovaskular
Selada air sangat kaya akan kandungan lutein. Karotenoid antioksidan ini memiliki potensi untuk mencegah timbulnya berbagai kondisi kardiovaskular, seperti penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Studi menunjukkan bahwa leutin dalam diet dapat melindungi arteri dari kerusakan yang disebabkan oleh plak.

Mempertahankan Fungsi Kandung Empedu
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan air dalam manfaat selada air memiliki potensi untuk menurunkan risiko pembentukan batu empedu.

Mengobati Anemia
Kandungan manfaat zat besi dalam selada air memiliki peran penting dalam sintesis hemoglobin serta produksi asam folat, dimana kedua elemen ini sangat penting untuk sel-sel darah merah. Selain itu, kandungan vitamin C dalam sayuran ini dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan benar. Sehingga nantinya akan mencegah anemia karena kekurangan zat besi.

Mengatur Fungsi Tiroid
Selada air juga mengandung yodium, yaitu mineral penting yang berfungsi untuk menjaga kelenjar tiroid. Kekurangan yodium dapat mengganggu sintesis hormon tiroid, yang dapat menimbulkan resiko hipotiroidisme atau gondok.

Menghilangkan Mabuk
Dalam selada air juga terkandung enzim  yang berfungsi untuk detoksifikasi dan pembersihan hati. Kandungan diuretik alami dalam manfaat sayur sayuran seperti ini, dapat melindungi dari kerusakan hati dan mabuk akibat minuman beralkohol.

Menghilangkan Racun dalam Tubuh
Sebagai antidiuretik alami, selada air merupakan agen detoksifikasi dalam meningkatkan diuresis, sehingga memungkinkan usus besar akan dibersihkan dengan mendorong racun keluar dari tubuh.

Mengobati Depresi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa depresi dapat memicu orang memiliki tingkat folat yang rendah. Salah satu penyebab depresi adalah karena mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Selada air memiliki dampak positif pada depresi yang dipicu oleh kondisi tersebut.

Menurunkan Risiko Stroke
Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi folat dalam diet mereka, memiliki peluang yang lebih rendah untuk mengembangkan stroke. Mengkonsumsi 2s ampai 3 porsi selada air, akan memberikan jumlah folat yang diperlukan oleh tubuh, sehingga dapat menurunkan risiko stroke.

Meningkatkan Daya Kognitif
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi setidaknya 800 mcg folat setiap hari dapat meningkatkan daya kognitif dan kefasihan lisan. Hal ini juga dapat menunda penurunan kognitif pada orang tua.
manfaat selada untuk kesehatan tubuh

Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang, kandungan kalsium dalam selada air juga sangat baik dalam menjaga kesehatan gigi. Kandungan vitamin C dalam selada air juga dapat menurunkan resiko gangguan pada gusi, seperti gusi berdarah.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A dalam selada air juga sangat tinggi. Dari 100 gram sajian sayuran ini mampu memberikan +/- 106% asupan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah katarak, maupun gangguan penglihatan lainnya.

Mengobati Jerawat
Kandungan anti-inflamasi, antimikroba, dan anti-bakteri dalam selada air dapat membantu mengurangi berbagai macam kondisi  kulit, seperti jerawat dan rosacea. Ia dapat membersihkan daerah yang terkena jerawat untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Selain itu, anti-inflamasi dalam selada air juga mampu memurnikan darah dari dalam dan membebaskan kulit dari infeksi.

Mencegah Penuaan Dini
Selada air banyak mengandung Vitamin A dan vitamin C yang merupakan manfaat antioksidan yang kuat yang dapat memerangi dampak radikal bebas. Manfaatnya pada kulit, akan memerangi tanda-tanda pada kulit seperti garis-garis halus dan kerutan yang merupakan tanda utama penuaan dini.

Memberikan Efek Menenangkan dan Mendinginkan
Sifat menenangkan dan pendinginan yang dimiliki selada air memungkinkan untuk membantu mengatasi gatal-gatal maupun gangguan kulit lainnya, seperti eksim. Ia juga dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gatal akibat gigitan serangga.

Menjaga Kesehatan Kulit kepala dan Rambut
Kandungan seng dan sulfur dalam selada air, dapat membantu menghindari resiko infeksi bakteri yang mempengaruhi kulit kepala dan rambut. Ia bisa menjaga kelembaban pada kulit kepala dan mencegah kulit kepala kering sehingga memicu ketombe dan kulit yang mengelupas. Selain itu Vitamin A yang ada dalam selada air menawarkan nutrisi penting menyeimbangkan fungsi hormon sehingga menjadikan pertumbuhan rambut lebih produktif serta mengurangi rsiko rambut rontok.

Wow! Banyak sekali manfaat selada untuk kesehatan ini. Mau punya kebun selada sendiri? Ayo, mulai berkebun sekarang juga. Happy farming :)

Sumber: Manfaat

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.