IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Buah Berbau Busuk ini Ampuh Usir Hama Tanaman - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Buah Berbau Busuk ini Ampuh Usir Hama Tanaman

Urban Hidroponik - Dulu orang yang menggunakan buah tanaman ini untuk keperluan pembuatan wadah-wadah penampung/gayung air. Ya, tanaman yang satu ini dikenal sebegai berenuk atau maja.

Pohon maja akan menghasilkan buah maja yang sangat banyak dengan bentuk buah seukuran bola sepak, kulitnya keras berwarna hijau saat masih muda. Ketika sudah tua biasanya buah maja akan jatuh sendiri dari pohonnya kulitnya yang cokelat gelap akan pecah sehingga isi buah yang berbau busuk tersebar kian kemari.

Kalau penasaran ingin mencicipi rasanya, kami ingatkan bahwa buah berenuk berasa pahit banget. Hmmm... Itu artinya berenuk punya manfaat untuk kesehatan dan keperluan pertanian. Kandungan zat yang ada pada buah berenuk diantaranya saponin, Polifenol, dan Flavonoid dan Alkaloid. O iya, nama keren berenuk yaitu Crescentia Cujete

Manfaat Berenuk/Maja Sebagai Pestisida Alami


Tahukah Anda bahwa buah maja ternyata memiliki kegunaan bagi petani, sebagai pengusir hama tanaman. Biasanya berenuk digunakan untuk mengendalikan hama tikus, kutu daun, atau wereng. Selain untuk keperluan di atas, berenuk juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu dengan digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Daun berenuk dapat menyembuhkan hipertensi dengan cara direbus kemudian disaring, air saringan tersebut diminum pagi dan sore hari rutin, sebanyak masing-masing satu gelas saja (250 ml). Minum sampai terasa membaik.

Manfaat daun berenuk yaitu untuk mempercepat penyembuhan luka dengan cara menumbuk daunnya kemudian dibalutkan/ditempelkan pada bagian tubuh yang terluka luar. Mungkin efeknya seperti jahe parut ya, bisa mempercepat penyembuhan luka.

Nah, itu tadi beberapa manfaat berenuk untuk kesehatan yang selama ini dipercayai, sebelum Anda mencobanya sebaiknya konsultasikan dengan pakar kesehatan dulu ya. Sekarang kita kembali lagi ke tema, yaitu manfaat berenuk untuk usir hama tanaman.

Sudah sejak lama, petani Indonesia memanfaatkan berenuk untuk mengusir tikus. Hama tikus termasuk hama yang mengesalkan karena dapat menyebabkan petani gagal panen. Bagaimana cara mengusir tikus memakai berenuk?

urban hidroponik, jasa hidroponik

Ambil bagian buah berenuk yang kaya akan zat alkaloid yang berasa pahit, rasa pahit inilah yang tidak disukai tikus dan hama tanaman lainnya. Setelah daging buahnya dipisahkan kemudian haluskan, campur dengan air secukupnya dan peras. 

Nah air perasan itulah yang biasa digunakan untuk membasmi hama tanaman. Untuk hama kutu dan weren air perasan itu bisa langsung disemprotkan ke bagian tanaman yang terserang hama tersebut. Untuk mengusir tikus sebenarnya banyak juga yang langsung menyimpan buah/daging buah berenuk di beberapa titik yang sehingga tikus tidak sudi lewat atau masuk ke dalam kebun.

Tentu, hasilnya tidak instan, artinya perlu proses rutin dan berulang. Selamat mencoba, semoga tulisan di atas menginspirasi. Selamat berkebun, happy farming :) 

Referensi: Sumber gambar (https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-5cBQZzecy8ebN8IFyO8CgEl0yCfqmSm-DQrjDc1Amsr9if-Nm9HY9YsKrGZSmhWrzFN1xqMCID9JunmaY_HGbtA-biUaHFw8A7DvjSu6TRsKGnPoi3odaurZH8AqFAq70EgyP6jWfrtb/s640/Berenuk.jpg)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.