IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Manfaat Temulawak untuk Pengobatan Hepatitis dan Pendongkrak Nafsu Makan - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Manfaat Temulawak untuk Pengobatan Hepatitis dan Pendongkrak Nafsu Makan

Urban Hidroponik - Petani Indonesia tentu sudah sangat tahu dengan manfaat temu lawak, salah satunya untuk meningkatkan nafsu makan dan berdasarkan tulisan yang dikutip dari sumber tulisan ini temulawak juga dapat menyembuhkan penyakit hepatitis. 

Temulawak memiliki nama ilmiah Curcuma xanthorriza, Roxb termasuk jenis tanaman rimpang yang masih satu famili dengan jahe dan kunyit. Temulawak termasuk tanaman herbal yang telah lama digunakan masyarakat Indonesia untuk pengobatan dan sumber karbohidrat, pewarna makanan alami, atau penyedap makanan dan minuman. 

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan


Temulawak memiliki rasa pahit yang khas, tumbuh cukup tinggi dengan batang semu antara 50-200 cm, daun memanjang seperti lembing dengan tangkai daun panjang. Permukaan daun berwarna hijau tua dengan garis-garis cokelat dan berbintik-bintik jernih. Punggung daun pudar dan mengilap. 

urban hidroponik

Bunga temulawak berwarna kuning tua dan bergerombol, bila bunga ini mekar di pagi hari, sore harinya bunga ini sudah layu dan tidak akan mekar lagi. Daging temulawak berbentuk umbi dengan warna kekuning-kuningan. memiliki aroma bau yang khas

Temulawak mengandung banyak nutrisi dan mineral antara lain sebagai berikut zat kuning kurkumin, minyak asiri, pati, protein, lemak, selulosa, mineral, dan antioksidan alami. Temulawak juga mengandung karbinol, fellandrean, turmerol, kalium, natrium, magnesium, zat besi, mangan, dan cadmium.

Temulawak digunakan untuk mengobat sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, maag, kurang nafsu makan, cacar air, sakit perut, sembelit, serta kurangnya produksi ASI pada ibu menyusui. sedangkan untuk mengobat penyakit berat, temulawak juga dapat membantu menjaga fungsi hati serta berperan sebagai antimikroba dan mampu mengobati kanker.
Temulawak juga digunakan sebagai kosmetik dan kecantikan, karena temulawak bersifat antiseptik dan astringen, dengan daya antiseptiknya, temulawak dapat membersihkan bakteri yang terdapat di kulit, dengan begitu radang jerawat dapat membaik, mengering dan akhirnya menghilang.

Selain itu, sifat astringen pada temulawak berperan sebagai antijerawat. dengan sifat astringen ini temulawak dapat memicu terjadinya oedema pada pori-pori kulit sehingga mengurangi sekresi sel sebasea.

Manfaat Temulawak Untuk Pengobatan
Khasiat Temulawak yang paling terkenal adalah sebagai obat penyakit hati, baik hepatitis maupun perlemakan hati. 

Curcuminoid merupakan senyawa temulawak yang berperan dalam menjaga fungsi hati.Temulawak berfungsi sebagai kolagoga yakni meningkatkan produksi dan sekresi empedu, menurunkan kolesterol hati, serta mengaktifkan enzim pemecah lemak dihati.

Cara membuat ramuan herba temulawak untuk pengobatan penyakit hati dapat dilakukan dengan memanfaatkan bagian rimpang temulawak. Anda bisa merebusnya kemudian meminum airnya secara rutin, atau Anda bisa memarutnya dan memeras hasil parutannya kemudian minum secara rutin. Cara yang kedua jauh lebih ampuh karena kandungan temulawak tidak rusak oleh proses pemanasan.

Temulawak memiliki kandungan protein pati lebih tinggi dibandingkan jagung dan gandum. jadi temulawak terbukti bagus digunakan sebagai bahan makanan karena mudah dicerna, terutama bagi bayi dan orang yang baru saja sakit.

Racikan Obat Hepatitis Memakai TemulawakUntuk mengobati hepatitis temulawak dapat digunakan dengan ramuan herba sebagai berikut, siapkan rimpang temulawak sebanyak 30-60 gram dan 400 ml air bersih. Caranya kupas temulawak dan iris tipis, lalu cuci bersih. Rebus dengan air yang sudah disiapkan hingga matang dan volumenya berkurang menjadi satu gelas saja (250ml). Minum air temulawak yang sudah direbus sebanyak 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
Sekian manfaat temulawak untuk pengobatan hepatitis, akan tetapi sebelum mencobanya sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan yang Anda percaya.

Referensi
https://kabartani.com/manfaat-dan-khasiat-temulawak-untuk-kesehatan.html
Sumber gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj6s9GMR78OWR87FPkmoleAjpIVwLtJZs0EkpkS9SAD5HwJnve72xdkf-KO7QEmiW-eMLfZaHyz5-Yy6z-wfXZoKRiPnIpFON-CVETiZ5CuhQK67iphq-VAUcsBkFboZbmnlluKZ8O8wMjq/s640/perbedaan+temulawak+dan+kunyit.JPG

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.