IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Penyakit Busuk Buah oleh Antraknosa dan Pengendaliannya - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Penyakit Busuk Buah oleh Antraknosa dan Pengendaliannya

Urban Hidroponik - Penyakit busuk buah antraknosa merupakan penyakit yang cukup dikenal. Gejala serangannya tampak pada buah-buah masak berbentuk bercak-bercak cekung busuk. Pernah lihat kan? Atau mungkin pernah mengalami?

Bila seluruh permukaan buah sudah terserang bercak, maka seluruh buah menjadi busuk bonyok. Pada bercak-bercak busuk bonyok ini tumbuh lapisan massa konidia berwarna. Penyakit ini disebabkan oleh kapang Cvolletotrichum.

Kapang ini secara umum menyerang tanaman semai, bunga, buah, daun dan ranting berbagai jenis buah. Beberapa jenis buah yang diserang cendawan ini yaitu alpukat, jambu biji, jambu monyet, jeruk, jeruk lemon, kesemek, mangga, markisa, srikaya, buah nona, pepaya.

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah oleh Antraknosa

Iklim yang senantiasa basah serta kondisi lahan dan pertanaman yang menunjang kelembaban sangat serasi bagi pertumbuhan dan perkembangan penyakit ini. Buah-buah yang diserang umumnya buah-buah yang menjelang masak. 

Colletotrichum Musae Arx 
Penyakit antraknosa pada pisang ini pertama kali dinyatakan sebagai penyakit pascapanen sebab serangannya terjadi pada buah-buah masak dalam penyimpanan. Gejala awal dari penyakit ini tampak pada kulit buah yang mulai menguning dengan bercak-bercak kecil berwarna cokelat.

urban hidroponik urban farmingBercak-bercak ini kemudian semakin membesar dan cekung. Pada buah mentah yang telah dipanen timbul bercak-bercak kecil bulat berwarna hitam dan cekung kemudian membentuk halo berwarna kuning.

Buah-buah yang terserang hebat menjadi hitam dan busuk. Sering buah menjadi mengerut dan busuk kering (busuk mummi). 

Sphaceloma Pinica Bitsncourt and Jenkins 
Merupakan kapang penyebab antraknosa pada buah delima. Menurut keterangan penyakit ini merupakan penyakit penting tanaman delima di dunia.

Colletotrichum lagenarium (Pass) Ell & Halls 
Kapang ini menyebabkan penyakit antraknosa pada buah semangka

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah Antraknosa

  • Melakukan sanitasi kebun sebaik-baiknya dengan cara menjaga kelembaban lahan, pemangkasan 
  • Penyemprotan dengan fungisida secara berkala dan teratur 
  • Buah-buah yang akan disimpan atau diekspor direndam dalam air panas suhu 48 °C selama 20 menit sebagai pencegahan 
Sampai ketemu di artikel berikutnya mengenai penyakit busuk buah phytium dan phomopsis. Selamat berkebun, happy farming :)

Daftar Pustaka
Nurida, SP., Penyebab Buah Busuk dan Pengendaliannya, 2010 Bakorluh Prop. Bangka Belitung
Sumber gambar: https://i0.wp.com/balitjestro.litbang.pertanian.go.id/wp-content/uploads/2015/07/Gejala-antraknosa-pada-buah-stroberi.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.