IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Pengendalian Penyakit Busuk Buah oleh Phomopsis dan Pythium - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Pengendalian Penyakit Busuk Buah oleh Phomopsis dan Pythium

Urban Hidroponik - Akhirnya kita sampai pada artikel busuk buah yang terakhir, yaitu penyakit busuk buah oleh Phytium dan Phomposis. Silakan baca juga aneka jenis penyakit busuk buah lainnya dalam tautan.

Merupakan golongan cendawan perusak atau penyebab busuk akar. Beberapa di antaranya menyerang organ-organ vegetatif dan buah. Akibat serangannya menimbulkan kerusakan berbentuk busuk bonyok.

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah oleh Phomopsis dan Pythium

Phomopsis menimbulkan busuk buah serta kanker buah. Jenis-jenis kapang Phomopsis yang menimbulkan penyakit tersebut di antaranya sebagai berikut:

Phomopsis anonacearum Bondartzeva-Monteverde
Kapang ini menimbulkanbusuk yang disebut kanker hitam (black cancer) pada buah srikaya.Gejala awal penyakit ini tampak berupa bercak-bercak ungu dengan berbagai ukuran. Bercak ini sering terdapat di dekat ujung buah kemudian mengeras menjadi celah dalam.

Phomopsis citri Faw 
Kapang penyebab busuk pangkal buah iji telah menyebar k seluruh areal jeruk di dunia. Gejala wal terlihat di sekeliling ujung pangkal buah yang menjadi liat dan mengeras berwarna kekuningan sampai cokelat.

Bila buah mulai masak dan iklim atau udara bertambah panas, maka kebusukan buah cenderung bertambah cepat, baik kualitas maupun kuantitas kebusukan. Infeksi kapang terjadi saat buah masih menggantung di pohon atau melalui tangkai buah yang baru dipetik.

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah Phomopsis

  • Melakukan sanitasi kebun, di antaranya memusnahkan sumberr inokulum. 
  • Penyemprotan dengan bubur bordeux 
  • Penyemprotan buah jeruk menjelang panen dengan benomyl berdosis 500 ppm 

Penyakit Busuk Buah Pythium
Bagian yang terserang menjadi berwarna hitam bonyok dengan bentuk tidak seperti biasanya. Busuk bonyok ini dapat menyerang seluruh buah atau hanya sebagian saja. Bagian yang terserang ini membusuk, hitam mengerut dan keriput. Bagian lain yang tidak terserang tetap berwarna dan berbentuk normal

Cara Pengendalian Penyakit Busuk Buah Pythium
    • Pengendalian serangan penyakit ini belum diketahui. Buah-buah yang dihasilkan menjadi tidak bernilai ekonomis lagi. Sebaiknya buah-buahan ini dibuang dan dimusnahkan 
    Urban hidroponik, urban farming

    Daftar Pustaka
    Penyebab Buah Busuk dan Pengendaliannya, 2010 (Nurida, SP) - Bakorluh Prop. Babel
    Sumber gambar
    https://www.apsnet.org/publications/imageresources/PublishingImages/2004-05/strawberry602.jpg
    https://www.apsnet.org/publications/imageresources/PublishingImages/2004-05/strawberry601.jpg

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.