IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Mari Menanam Toga, Mari Menuai Sehat Sekeluarga! - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Mari Menanam Toga, Mari Menuai Sehat Sekeluarga!

Urban Hidroponik - Siapa yang suka menanam toga? Maksudnya bukan toga yang itu, bukan toga sarjana tapi Tanaman Obat Keluarga. Di abad iformasi teknologi ini mungkin tinggal satu dua saja rumah yang memiliki kebun tanaman obat (apotik hidup)

Hari ini orang lebih percaya pada pengobatan kimia dengan efek istan. Mungkin itu bukan masalah besar, toh keduanya sama-sama bertujuan untuk membantu kita hidup sehat. Akan tetap tidak sia-sia juga jika Anda berkenan membuat sedikit ruang di rumah untuk menanam toga.

Walau bagaimanapun tanaman obat memiliki dampak negatif yang jauh lebih kecil dari pada obat kimia yang banyak beredar di pasar saat ini. Selain tidak adanya efek samping, harganya juga jauh lebih terjangkau.

Aneka Jenis Tanaman Obat Keluarga 


Kalau pun di rumah sudah tidak ada lahan tersisa, tentu menanam toga bisa dilakukan dengan menggunakan pot, memakai sistem vertikultur yang irit lahan. Masalahnya kemudian adalah menentukan jenis tanaman obat apa saja yang perlu ditanam?

Berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang bisa Anda tanam untuk keperluan tanaman obat keluarga (apotik hidup), yaitu sebagai berikut:

Pohon Saga untuk Panas Dalam, Gusi Bengkak, dan Sakit
Tanaman yang satu ini tumbuh merambat, daunnya seperti daun pohon asam keci-kecil, khasiatnya sangat ampuh untuk meredakan panas dalam, gusi berdarah/bengkak dan sakit gigi yang diakibatkan oleh panas dalam. Sehabis lebaran haji biasanya mendadak sakit gigi karena berlebihan mengonsumsi daging.

Nah, daun saga dapat menyembuhkan panas dalam dengan sangat cepat. Cara membuatnya juga sangat mudah, tumbuk halus dau saga sebanyak 25-50 gram, kemudian campur air matang satu gelas dan saring. Langsung saja diminum sampai habis. Sakit dalam pun akan segera hilang.

urban farmingJahe untuk Luka Luar
Tanaman jahe punya khasiat ampuh untuk penyembuhan jaringan kulit yang terluka, seperti sobek atau lecet. Caranya cukup dengan memarut jahe seukuran ibu jari kemudian lumuri minyak kelapa. Setelah diaduk sempurna langsung saja tempelkan pada bagian tubuh yang terluka dan balut dengan kain kasa.

Dalam hitungan beberapa jam, luka akan segera mengering. Biarkan jahe yang menempel itu lepas dengan sendirinya, jangan dipocel-pocel ya.

Dan masih banyak lagi aneka jenis tanaman obat lain yang bisa Anda tanam di pekarangan, daftar lengkapnya akan kita tulis di artikel berbeda ya. Intinya dalam artikel ini, mari kita galakan gerakan tanam obat di pekarangan. Ayo!

Sumber gambar:
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXOmnODZl27owfcv1BWXv_m-4BC6QtMd7ltLZfPc20IcyUNDwvw2eBUv1n6hI4lbwPdEdGqvKzUpLkL-H6o_gtFpf3JBjqwxFQO1pt6kNr8EZsekRd7dJGnzfuwZh8sMXZHgC5VvZKEhkW/s1600/diet+jahe.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.