IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membuat Hidroponik Rakit Apung Sederhana - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membuat Hidroponik Rakit Apung Sederhana

Urban Hidroponik - Hidroponik rakit apung termasuk sistem hidroponik yang cukup sederhana, bisa dibuat dengan biaya meriah untuk keperluan berkebun di rumah Anda. Apa bedanya sih antara rakit apung dan wick system?

Hidroponik wick system dan hidroponik rakit apung memang mirip, hanya saja pada hidroponik wick system tanaman tidak diletakan di permukaan air (tidak bersentuhan dengan air) itu sebabnya dia diberi sumbu yang berfungsi untuk mengangkat air dari bak nutrisi ke area perakaran tanaman.

Kalau hidroponik rakit apung, tanaman disimpang di permukaan air (area perakaran langsung nyemplung ke air), sehingga tidak diperlukan lagi sumbu karena tanaman bisa langsung menyeruput nutrisi dari bak nutrisi.

Secara sederhana perbedaan antara hidroponik rakit apung dan hidroponik sistem sumbu adalah seperti di atas. Sekarang, bagaimana sih cara membuat hidroponik rakit apung?

Hidroponik Rakit Apung Sederhana untuk Skala Hobi


Hidroponik rakit apung dalam pembuatannya cukup dimudahkan dengan banyaknya pilihan material yang bisa digunakan sebagai bahan. Pertama-tama, elemen utama hidroponik rakit apung secara garis besar dipilah menjadi dua bagian, yaitu tandon/bak nutrisi dan grow bed (tempat menyimpan netpot).

Lanjut! Sekarang di sini Anda akan belajar membuat hidroponik rakit apung memakai baki plastik/baskom kotak plastik karena bahan ini cukup mudah didapatkan. Bila memang ada bak/tandon lain yang lebih besar bisa digunakan juga, nanti tinggal sesuaikan growbednya dengan ukuran tandon.

Bahan-Bahan Pembuatan Instalasi Hidroponik Rakit Apung

  • Baki plastik/baskom kotak (1 unit)
  • Gabus/styrofoam/matras/impraboard (1 unit)
  • Netpot (9 unit)
  • Nutrisi AB mix
  • Gunting dan pisau/cutter (untuk melobangi gabus dkk)
Setelah semua bahan di atas tersedia, Anda hanya perlu membuat rakitnya/grow bed untuk menyimpan tanaman. Ukuran growbed bisa menyesuaikan dengan luas permukaan bak/tandon nutrisi.

Material yang digunakan untuk rakit harus berupa material yang ringan agar bisa mengapung di permukaan air. Gabus merupakan pilihan terbaik selain harganya lebih murah juga daya apungnya lebih lama ketimbang impraboard.

Berikutnya, setelah ukurannya disesuaikan kebutuhan, lobangi saja. Jarak tanam bisa disesuaikan kebutuhan juga, antara 15-25 Cm.

urban hidroponik, jasa hidroponik

Setelah rakitnya diberikan lobang, berikutnya adalah menyimpan rakit tersebut di bak/tandon nutrisi. Alangkah lebih baiknya bila Anda memberikan oksigen buatan untuk tandon karena salah satu kelemahan sistem rakit apung yaitu kurangnya pasokan oksigen untuk tanaman.

Sekian cara sederhana membuat instalasi hidroponik rakit apung. Semoga bermanfaat, semoga menginspirasi. Happy farming.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.