IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membuat Hidroponik Sistem Sumbu Baskom Plastik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membuat Hidroponik Sistem Sumbu Baskom Plastik

Urban Hidroponik - Masih seputar hidroponik wick system (sistem sumbu), ada banyak sekali model hidroponik sistem sumbu yang bisa Anda buat di rumah. Salah satunya yaitu hidroponik sistem sumbu baki/baskom plastik.

Modal yang dikeluarkan untuk membuat instalasi hidroponik sistem sumbu baki/baskom ini tidaklah rumit, semuanya bisa diperoleh dengan mudah. Dengan instalasi kecil yang powerfull, Anda bisa menanam nyaris semua jenis sayuran daun dan buah.

Selain itu, instalasi hidroponik wick system baki/baskom plastik ini sifatnya portable, jadi Anda bisa memindah-gesernya kapanpun. Kalau sudah bosan di simpan di kiri, tinggal pindah ke kanan. Hehehe

Hidroponik Sistem Sumbu Baki/Baskom Plastik


urban hidroponikBiar semakin gereget, langsung aja deh kita mulai tutorial lengkapnya di bawah sana. Pertama-tama ada beberapa bahan dan alat yang harus Anda siapkan, yaitu sebagai berikut:

  • Baki/baskom plastik
  • Styrofoam
  • Netpot + sumbu (bisa memakai netpot hidroponik atau memakai netpot gelas plastik)
  • Cutter dan gunting
urban hidroponikKalau semua bahan dan alatnya sudah siap, langsung saja deh kita mulai proses pembuatannya. 

Cara Membuat Hidroponik Baskom Plastik
Langkah-langkahnya juga mudah, yaitu sebagai berikut:
  • Potong styrofoam seukuran baki/baskom plastik
  • Buat lobang pada styrofoam tersebut seukuran netpot yang digunakan
  • Tambahkan air nutrisi ke dalam baskom
  • Pindahkan bibit yang sudah siap tanam ke dalam netpot
  • Selesai
urban hidroponikSimpel banget kan? Ya sesederhana itulah cara membuat hidroponik sistem sumbu memakai baki plastik. Intinya, selama ada kreatifitas pasti Anda punya kebun. Hehehe.

Berikut ini beberapa gambar kebun hidroponik yang sudah jadi dengan memakai instalasi hidroponik sistem sumbu baki/baskom plastik kotak.
urban farming
 Hal-Hal yang Harus Diperhatikan
Bila memungkinkan Anda bisa menambahkan oksigen ke dalam larutan nutrisinya yaitu dengan menggunakan aerator. Hal ini dilakukan agar tanaman mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

urban hidroponikUntuk menjaga tandon nutrisi agar tidak dijadikan sarang nyamuk Anda bisa menanam ikan di dalamnya, tapi ikan kecil saja ya. Atau bisa juga dengan menaburkan abate.

Kemudian jangan lupa selalu mengecek setiap seminggu sekali atau sesuaikan kebutuhan untuk memastikan bahwa air masih tersedia alias tidak surut.

Sekian informasi mengenai cara membuat instalasi hidroponik baki/baskom plasti kotak sistem sumbu. Sampai jumpa di artikel sistem hidroponik berikutnya. Happy farming :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.