IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Memilih Netpot Hidroponik Terbaik untuk Kebun Kita - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Memilih Netpot Hidroponik Terbaik untuk Kebun Kita

Urban Hidroponik - Pertimbangan apa yang sering Anda gunakan ketika membeli netpot hidroponik? Faktor yang utama mungkin harga, kemudian warna. Di kemudian hari ternyata ada faktor lain yang luput disadari, yakni fungsi. Kenapa?

Berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa netpot yang kurang berfungsi dengan baik ketika digunakan untuk berkebun hidroponik. Simak yuk.

Memilih Netpot Hidroponik Terbaik untuk Kebun Anda


Kami telah mencantumkan beberapa gambar netpot hidroponik yang umum digunakan untuk keperluan berkebun hidropnik (lihat gambarnya di bawah). Kami kategorikan netpot menjadi 4 saja, yaitu:

  1. Netpot Berundak Ganda
  2. Netpot Pantat Bolong
  3. Netpot "Lurus"
  4. Netpot Berpundak Satu

Kesemua jenis netpot di atas memiliki keunggulan masing-masing, sekarang kami akan bahas satu demi satu mengenai netpot tersebut.

netpot hidroponik murah

Netpot Berundak Ganda
Netpot yang satu ini unggul dari segi fleksibilitas lobang tanam, ia bisa digunakan untuk lobang berukuran kecil atau besar. Tapi tidak efektif untuk menopang tanaman karena netpot tidak mampu menahan beban tanaman sehingga tanaman menjadi nungging/tercerabut dari lobangnya. Kenapa? Karena netpot jenis ini tidak pas dengan lobang pada PVC (longgar) sehingga tidak memiliki daya tahan untuk menopang bobot tanaman.

Netpot Pantat Bolong
Netpot yang satu ini sebaiknya digunakan pada hidroponik NFT talang air/gully karena dirancang untuk digunakan tanpa sumbu. Jika Anda memakai netpot ini dan maksa menambahkan sumbu, saya kira kurang baik karena sumbu akan terlipat. Jika Anda memakai netpot jenis ini tanpa sumbu untuk instalasi hidroponik yang terbuat dari PVC, pastikan netpot selalu menyentuh dan terendam air.

Netpot "Lurus"
Sebenarnya tidak lurus-lurus banget, karena diameternya 5/3cm maksudnya netpot ini tidak ada undaknya, tidak juga mengerucut seperti pada netpot sebelumnya. Berdasarkan pengalaman kami netpot "lurus" termasuk netpot terbaik yang paling mantap untuk berkebun hidroponik karena netpotnya sangat pas dengan ukuran lobang holesaw sehingga bisa menopang beban tanaman meskipun itu berupa pohon cabai yang rindang dan berbuah lebat.

Netpot Berundak Satu
Kami menggunakan netpot jenis ini untuk membuat tower hidroponik. Kami tidak memakai netpot ini untuk sistem DFT/NFT PVC atau juga wick system dengan alasan serupa seperti pada netpot berundak ganda.

Semoga sharing mengenai netpot hidroponik terbaik ini memberikan inspirasi untuk Anda. Selamat berkebun, happy farming. Yuk, hijaukan dinding kita. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.