IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Hidrogel Media Tanam Hidroponik yang Warna-warni - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Hidrogel Media Tanam Hidroponik yang Warna-warni

Urban Hidroponik - Media tanam hidroponik memiliki banyak sekali pilihan, salah satunya adalah hidrogel. Hanya saja media tanam hidrogel yang satu ini jarang sekali diperguanakan untuk keperluan hidroponik, kira-kira kenapa ya? Padalah doi sering banget disebut-sebut sebagai media tanam hidroponik. Hmmm...

Media Tanam Hidroponik Hydrogel 

Hidrogel atau di beberapa daerah disebut juga kelereng air memiliki bentuk unik (bulat atau bentuk lainnya) yang konstan. Selain itu memiliki aneka jenis warna yang menggoda. Hidrogel mampu menyerap air sebanyak 500 kali berat hidrogel itu sendiri. Fungsi lain hidrogel sebagai media dekorasi, pengharum ruangan/aroma terapi, serta membantu mengurangi udara kering pada ruang ber-AC, gunakan hidrogel pada bunga potong agar bunga tidak cepat layu

Ditemukan sekitar tahun 1978 oleh ilmuwan swiss dan pertama kali digunakakan oleh dunia kesehatan untuk pengobatan luka bakar, operasi plastik, lensa kontak, dll. Sekitar tahun 1990 an Perancis dan Belgia mengembangkan untuk kultur jaringan dan pertanian.

Hidrogel memiliki masa pakai hingga 2 tahun, setelah 2 tahun akan hancur perlahan. Hidrogel yang telah hancur dapat disebarkan ke permukaan tanah sebagai pupuk. Jika warna hidrogel telah pudar Anda bisa menambahkan pewarna makanan pada air ketika mencuci atau menyiram hidrogel.

Keunggulan Media Tanam Hidrogel

  • Tampilan fisik yang unik dan dekoratif
  • Daya serap air super banyak
  • Terurai secara alami oleh mikroba menjadi H2O, CO2, dan komponen Nitrogen

Kelemahan Media Tanam Hidrogel
  • Biaya yang mahal
  • Tidak tahan panas
  • Meleleh dan lumer bila terkena sinar matahari langsung
Tidak semua tanaman dapat tumbuh dengan baik memakai hidrogel. Ciri-ciri tanaman yang dapat tumbuh adalah tanaman yang mempunyai sifat tahan kadar air berlebih, tahan kelembaban tinggi, tidak berkayu, tanaman dalam ruang, umumnya tidak berbunga.

Cara Memakai Media Tanam Hidrogel
Sebelum digunakan sebagai media tanam hidrogel pada mulanya berbentuk bola kristal kecil-kecil sedikit lebih besar dari biji sawi. Agar bisa digunakan Anda harus merendamnya dengan air. Sebaiknya gunakan air yang sudah dicampur dengan pupuk. Dosis penggunaan pupuk mengikuti dosis pemakaian nutrisi AB Mix pada umumnya, lalu disesuaikan dengan takaran penggunaan hidrogel.

  • Satu bungkus hydrogel (10 Gr) direndam dalam air sebanyak 1,5 Liter (5 Gelas Air)
  • Biarkan hidrogel dalam air selama 4-6 Jam
  • Butir hidrogel yang sudah mengembang ditiriskan selama 1-2 jam hingga semua kandungan airnya benar-benar tiris
  • Hidrogel siap dipindahkan sebagai campuran media tanam.
Jadi hidrogel ini jangan sesekali digunakan untuk berkebun hidroponik outdoor yang terkena paparan sinar matahari langsung. Gunakan hidrogel untuk keperluan indoor saja agar hidrogelnya tetap awet tahan lama.
hidrogel media tanam hidroponik

Semoga sharing mengenai media tanam hidrogel ini menginspirasi, sampai jumpa di artikel media tanam hidroponik berikutnya. Happy farming, selamat berkebun. Yuk, hijaukan dinding kita. Segarkan!

Daftar Pustaka.
http://idehidrogel.blogspot.co.id/p/hidrogel.html
http://tanamanhidrogel.blogspot.co.id/2012/12/pengertian-dan-fungsi-hidrogel-untuk.html

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.