IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Sedekah Kebun; Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Sedekah Kebun; Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin

Urban Hidroponik  - Pernah mendengar sedekah kebun? Bersedekah merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Bentuk-bentuk sedekah yang lazim dilakukan biasanya berupa memberikan dana tunai secara langsung kepada tujuan. Perbuatan mulia tersebut diharapkan mampu menjadi ajang berbagi dan beribadah bagi keduanya.

Sedekah termasuk ibadah yang "aneh" semakin sering seseorang bersedekah, semakin banyak seseorang bersedekah, hartanya justru malah bertambah. Orang-orang yang bersedekah sepertinya sudah merasakan "keanehan" tersebut, bahkan balasan dari sedekah itu seringkali lebih banyak jumlahnya dan lebih baik sifatnya. Aneh! :D

Sedekah Kebun, Program Masyarakat Miskin Mandiri Pangan


Akan tetapi, sebuah aksi ibadah harus memiliki dampak baik jangka panjang maupun jangka pendek. Pemberian sedekah secara langsung dalam bentuk tunai, biasanya cenderung hanya memberikan dampak jangka pendek dan tidak berkelanjutan.

Sehingga sedekah masih sering dilakukan sebagai ritus beribadah saja, belum mampu menjadi sarana pemberdayaan ekonomi umat (terutama sedekah yang diberikan oleh perorangan tanpa melewati lembaga pengelola zakat/sedekah), sedekah seperti ini belum mengedepankan edukasi kreatif yang membuat si penerima belajar mandiri dan tidak ketergantungan. Efek negatif dari sedekah seperti ini ialah dampak candu pada si penerima sedekah, lebih jauh lagi menimbulkan sikap instans dalam hidup.

Sebenarnya, sedekah memiliki kekuatan besar untuk mengubah dan memberdayakan ekonomi. Sedekah bisa menjadi modal cukup bagi mereka agar bisa mandiri, kreatif, dan berkemampuan untuk menciptakan lapangan ekonomi sendiri.

Berdasarkan paparan di atas, kiranya sudah waktunya para dermawan yang selama ini melakukan sedekah dengan cara langsung (memberikan dana tunai secara langsung) mengubah pola pikir agar beralih ke cara-cara sedekah yang edukatif. Sehingga penerima sedekah tidak ketergantungan pada bentuk dana tunai yang notabene akan habis dalam waktu singkat tanpa meninggalkan jejak yang banyak.

Apa dan Bagaimana Sedekah Kebun?
Program SEDEKAH KEBUN Urban Hidroponik, merupakan program untuk para dermawan/donatur dari berbagai kalangan (lintas agama) untuk menyalurkan sedekah/zakatnya kepada penerima yang berhak dalam bentuk pemberdayaan ekonomi produktif bidang urban farming, hidroponik, maupun akuaponik yang diselenggarakan di wilayah kota ataupun desa.

Program Sedekah Kebun HidroponikUrba
Sumber gambar: www.bisnis1juta.wordpress.com

Tujuan Program Sedekah Kebun 
Tujuan memberikan bantuan berupa dana zakat/infaq/sedekah kepada yang berhak menerima, dalam bentuk kebun (urban farming, hidroponik atau akuaponik) lengkap dengan pelatihan SDM, pendampingan dan manajemen pasarnya. Lebih jauhnya diharapkan agar si penerima bantuan mampu memberikan edukasi kreatif dan pemberdayaan ekonomi, sehingga terwujudnya kemandirian secara ekonomi bagi penerima bantuan.

Siapa yang Berhak Menerima Sedekah Kebun?
Sedekah kebun ditargetkan untuk masyarakat kota/desa yang memiliki taraf ekonomi miskin (dalam tradisi agama Islam disebut fakir dan miskin) yang benar-benar membutuhkan pemberdayaan ekonomi baik yang sifatnya personal maupun lembaga (misalnya yayasan yatim piatu)

Contoh Manifestasi Program Sedekah Kebun
Program Sedekah Kebun sudah terlaksana di beberapa daera baik di Jawa Barat maupun di daerah lainnya. Sebagai contoh Anda bisa melihat kebun hidroponik di Yayasan Daarul Madinah - Tangerang Selatan, atau Pesantren Jatisari - Cikampek.


sedekah kebun
Sedekah Kebun - Jatisari Cikampek

sedekah kebun, jasa hidroponik
Pemasangan Instalasi Hidroponik - Jatisari Cikampek

sedekah kebun, jasa hidroponik, pelatihan hidroponik
dr. Eko Suyono (Penyalur Donatur)

Mekanisme dan Tekni Program Sedekah Kebun
Secara teknik program Sedekah Berkebun terlaksana dengan tahapan-tahapan sebagai berikut, antara lain:
  • Komunikasi antara donatur (personal/lembaga), Urban Hidroponik, dan penerima donasi
  • Sosialisasi hidroponik untuk penerima donasi
  • Pembuatan instalasi hidroponik di lokasi penerima donasi
  • Laporan pertanggungjawaban kepada donatur
  • Pendampingan hidroponik 

Paket Sedekah Kebun
Paket Sedekah Kebun yang kami sediakan cukup variatif, Anda para donatur dapat melihat dan memilha paket sedekah kebun yang telah kami sediakan di tautan berbeda. Silakan kunjungi tautan Paket Sedekah Kebun

Ingin Bersedekah Kebun?
Bagi Anda para donatur/dermawan yang terpanggil untuk memberikan Sedekah Kebun dan menuai balasan yang berlimpah, lebih baik dan lebih banyak dalam jangka waktu panjang, silakan menghubungi kami melalui layanan kontak yang tersedia. Sudah waktunya bersedekah dengan cara cerdas dan edukatif.

2 komentar:

  1. Saya mendukung 100% Program sedekah kebun tersebut. Indonesia sebagai negara agraris harus bisa memperdayakan SDA tersebut untuk meningkatkan kondisi ekonomi SDM nya, khususnya bagi yang tidak mampu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah berbagi dan berkomentar di blog ini, semoga teknik pertanian modern ini bisa menjadi jalan untuk membangun kesejahteraan bersama (khususnya rakyat masyarakat menengah ke bawah) amin.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.