IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Kenapa Tanaman Hidroponik Layu pada Siang Hari? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Kenapa Tanaman Hidroponik Layu pada Siang Hari?

Urban Hidroponik - Kalau Anda perhatikan tanaman sayur daun atau sayur buah yang ditanam di instalasi hidroponik tanpa naungan akan mengalami layu terutama pada siang hari, lebih tepatnya pada pertengahan hari. Tanaman hidroponik layu di siang hari memang lazim.

Apakah tanaman yang layu tersebut harus berarti terancam mati dan gagal panen? Tanaman tersebut sebenarnya baik-baik saja, tidak akan mati karena pada sore hari sekitar jam 3-an lebih atau kurang tanaman akan kembali segar.

Solusi Tanaman Hidroponik Layu di Siang Hari


Proses pelayuan tanaman pada siang hari sebenarnya bersifat alami hanya saja banyak di antara kita yang berpiki bahwa tanaman kekurangan air pada siang hari. Sebenarnya tidak, terlebih memakai sistem hidroponik, air selalu tersedia.

Tanaman menjadi layu karena proses transpirasi (proses pendinginan) terganggu. Keadaan ini diperparah dengan sulitnya proses pendinginan secara konduksi lewat daun. Akibatnya tanaman akan kepanasan, daun dan batang tanaman nampak layu meski masih nampak hijau. Kalau kondisi parah ranting dan daun akan rontok. Kesalahan yang sering dilakukan pada fase ini, melihat tanaman nampak layu timbul anggapan tanaman kurang air. Padahal kelayuan muncul bukan karena kekurangan air (seperti pada musim panas), namun akibat terganggunya proses penyerapan air karena transpirasi terhambat. Bila Anda ingin mencegahnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu sebagai berikut:

Memberikan Naungan untuk Tanaman
Insect net/paranet termasuk jaring yang multifungsi yang bisa digunakan sebagai naungan, pembatas peternakan (pada peternakan bebek) atau sebagai jaring ikan. Sebagai naungan paranet/insect net sebaiknya dipilih yang mampu menyaring cahaya matahari sebanyak 80%.

Selain menggunakan insect net, naungan tanaman juga bisa berupa plastik UV yang memang khusus dibuat untuk keperluan tersebut. Gunakan plastik UV yang memiliki ketebalan 200 micron.

Membalut Pipa PVC 
Dampak buruk dari tanaman layu ialah daun tanaman menjadi terbakar karena menempel pada paralon/piva PVCsehingga daun menjadi gosong dan rusak. Hal tersebut bisa diatasi dengan membalut PVC memakai paranet sehingga ketika tanaman layu dan menempel di PVC tidak akan gosong.

Memakai Talang Travesium
Solusi lain yang bisa digunakan jika memungkinkan, Anda bisa memilih talang berbentuk travesium. Talang ini konon memiliki keunggulan dalam hal menghindari daun gosong karena melekat pada talang.

Sebagai tambahan sebaiknya hindari memakai naungan dari fiber karena berdasarkan pengalaman kami, tanaman hidroponik yang dinaungi fiber pertumbuhannya terganggu. Tidak seperti tanaman lain yang tanpa naungan atau memakai naungan berupa insect net dan plastik UV.

Solusi Tanaman Hidroponik Layu

Semoga artikel kecil ini menginspirasi, selamat berkebun, happy farming. Sampai ketemu di artikel hidroponik lainnya.

1 komentar:

  1. Makasih banyak gan..dri artikel ini saya banyak blajar pertamanya khawatir bgt knpa layu klo siang2

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.