IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membedakan Ikan Nila Jantan dan Betina

Urban Hidroponik - Salah satu jenis ikan yang umum dibudidayakan memakai sistem akuaponik yaitu ikan nila. Tentu Anda berharap ke depannya ikan-ikan tersebut beranak pinak. Untuk itu diperlukan bibit ikan betina dan jantan. Nah, bagaimana cara membedakan nila jantan dan betina?

Pertama-tama sebelum membedakan nila jantan dan betina, kita bedakan dulu antara ikan nila dan mujair. Karena jangan-jangan ikan di kolam akuaponik Anda rupanya ikan mujair bukan ikan nila. Untuk membedakan ikan nila dan mujair sebenarnya cukup mudah.

Ikan mujair memiliki warna kemerahan di ujung sirip dan ekor. Sementara ikan nila tidak memiliki rona kemerahan di ekor dan siripnya. Sebagai pembeda bisa dilihat pada gambar di bawah.

Perbedaan Ikan Nila Jantan dan Betina


nila mujair
cara membedakan nila jantan dan betinaJumlah induk ikan nila pada suatu areal atau kolam pemijahan ditentukan oleh induk jantan dan ukuran induk. Hal ini disebabkan sifat ikan nila memijah adalah dimana induk jantan akan membuat suatu daerah teritorial yang tidak boleh digangggu ikan lain.

Jumlah ikan betina umumnya lebih banyak dari pada ikan jantan, hal ini agar mudah memberi kesempatan pada jantan untuk dapat menemukan betina yang matang gonad.

Ikan nila yang ukurannya masih kecil belum menampakkan perbedaan alat kelamin. Setelah bobot ikan mencapai 50-60 gram perbedaan kelamin sudah mulai terlihat.

Ikan Nila Jantan

  • Ikan nila jantan memiliki ukuran sisik yang lebih besar dari pada ikan nila betina. 
  • Alat kelamin ikan nila jantan berupa tonjolan yang agak runcing yang berfungsi sebagai muara saluran urin dan saluran sperma yang terletak di depan anus. 
  • Jika diurut, perut ikan nila jantan akan mengeluarakan cairan bening. 
Ikan Nila Betina
    akuaponik ikan nila
  • Sedangakan ikan nila betina mempunyai lubang genital terpisah dengan lubang saluran urin yang terletak di depan anus. 
  • Perbedaan kelamin antara ikan nila jantan dan betina dapat dilihat pada gambar dibawah ini. 

Bentuk hidung dan rahang belakang ikan nila jantan melebar dan berwarna biru muda. Pada ikan betina, bentuk hidung dan rahang belakang agak lancip dan berwarna kuning terang. Sirip punggung dan sirip ekor ikan nila jantan berupa garis putus-putus.
Semoga informasi dan beberapa gambar di atas bisa menjadi alat bantu yang memudahkan untuk membedakan nila jantan dan betina. Happy farming :)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.