IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Sejarah Singkat Akuaponik dan Cara Berkebun di Kolam Ikan - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Sejarah Singkat Akuaponik dan Cara Berkebun di Kolam Ikan

Urban Hidroponik -  Sekarang kita akan berbagi mengenai cara berkebun teknik akuaponik. Teknik berkebun akuaponik ini sudah dikenal sejak lama oleh bangsa Aztek. Mereka menyebutnya sebagai Chinampa merupakan metode pertanian kuno dari daerah danau Mesoamerika.

Pertanian akuaponik kuno ini menggunakan teknik Nahua yang dikembangkan oleh bangsa Aztec. Dengan teknik ini mereka bisa menghasilkan produksi pangan satu setengah kali lebih banyak dari kebutuhan pangan kota Tenochtitlan, alias surplus pangan.

Asal kata Nahuat secara harfiah berarti "tempat pemagaran alang-alang" yang kadang-kadang diterjemahkan juga sebagai "taman mengambang". Chinampa membentuk jaringan kanal dan pulau buatan yang umumnya berpola persegi panjang, sekitar satu meter di atas permukaan air.

Sejarah Akuaponik Kuno dan Kekinian


Pulau buatan tersebut memiliki lumpur dengan kandungan nutrisi yang kaya. Pembibitan dilakukan dalam lumpur yang dicampur daun di pulau buatan tersebut. Untuk menjaga pulau dari erosi makan pulau buatan itu ditanami juga pohon.

urban farming indonesia, urban hidroponik, hidroponik bandung,
Sumber: Akuaponik Aztec 

Produk pangan seperti apa yang dihasilkan oleh teknik berkebun akuaponik kuno itu? Tanaman utamanya adalah jagung dan kacang-kacangan, selain itu dibudidayakan juga kentang, alpukat, tomat, jambu biji, bayam, paprika, dan bunga-bungaan yang banyak digunakan dalam upacara.

Teknik berkebun tercanggih pada zamannya ini kemudian harus ditutup pada abad ke-16 ketika bangsa Spanyol berdatangan. Mereka datang dengan metode baru dalam budidaya tanaman dan pemeliharaan hewan ternak.

Cara Membuat Akuaponik Sederhana

Akuaponik merupakan teknik produksi pangan yang menggabungkan budidaya konvensional (kultur air) dengan hidroponik (budidaya tanaman dalam air) di mana keduanya terjalin satu sama lain dalam hubungan simbiosis. Hal ini dilakukan pada mulanya untuk mengurangi kadar racun yang tinggi pada kolam ikan. Kemudian hari dikembangkanlah teknik akuaponik.

Meskipun demikian, akuaponik tidak dibatasi penggunaannya hanya untuk di wilayah peternakan ikan. Siapa pun kini bisa mengembangkan teknik akuaponik di rumah masing-masing.

Prinsip Dasar Akuaponik
Prinsip dasar akuaponik ialah penggabungan antara kolam ikan dan hidroponik. Kotoran ikan yang mengandung amonia direkayasa agar menjadi nutrisi yang bisa dikonsumsi oleh tanaman. Adapun sisa air yang tidak diserap tanaman dikembalikan ke kolam ikan dalam keadaan bersih tanpa racun.

Proses pengubahan amonia menjadi nitrit nitrat bisa dibaca dalam artikel Cara Memuat Vertiminiponik. Semoga tulisan yang diambil dari berbagai sumber ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Yuk, mari kita berkebun. Hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.