IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A 3 Cara Menciptakan Siklus Amonia pada Kolam Akuaponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

3 Cara Menciptakan Siklus Amonia pada Kolam Akuaponik

Urban Hidroponik - Kunci keberhasilan akuaponik salah satunya ditentukan oleh siklus nitrogen pada kolam akuaponik yang stabil, yaitu siklus yang mengubah amonia menjadi nitrit nitrat sehingga kotoran ikan bisa dikonsumsi oleh tanaman.

Siklus amonia di atas merupakan siklus yang bersifat natural, bisa tercipta dengan sendirinya. Ketika ada sejumlah amonia, secara alami akan hadir juga bakteri pengurai amonia yaitu nitrosomonas yang mengurai amonia menjadi nitrit. Setelah itu akan hadir lagi bakteri nitrobacter yang mengurai nitrit menjadi nitrat.

Menciptakan Siklus Amonia pada Kolam Akuaponik


Ketika membuat kolam baru, tentu kolam tersebut belum memiliki siklus nitrogen yang stabil. Maka dibutuhkan cara agar siklus tersebut bisa dihadirkan untuk kolam akuaponik. Tanpa siklus nitrogen kebun akuaponik tidak akan bekerja dengan baik.

Bagaimana cara membuat siklus nitrogen untuk kolam akuaponik? Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menciptakannya, yaitu sebagai berikut:
  • Copas Air Kolam Tetangga
  • Ikan Superhero
  • Bakteri Starter
Copas Kolam Tetangga
Kolam yang sudah lama dibuat pada umumnya sudah memiliki siklus nitrifikasi sendiri, Anda bisa memanfaatkan kolam tersebut untuk menciptakan siklus nitrifikasi di kolam akuaponik yang baru dibuat. Caranya dengan memindahkan air kolam lama ke kolam baru sesuai kebutuhan saja atau cukup sebagai pemancing saja. Kalau tidak malu sama tetangga, silakan kenyot semua air kolamnya sampai kolam akuaponik baru punya Anda terisi penuh. 

cara menciptakan siklus amoniaIkan Superhero
Bila tidak ada kolam yang sudah stabil di sekitar rumah, cara kedua bisa dilakukan. Cara ini dilakukan dengan menjalankan sistem akuaponik dengan 1 ikan yang berperan sebagai superhero. Seekor ikan ini akan dijadikan agen untuk memancing terciptanya proses nitrifikasi atau siklus amonia. Biarkan ikan superhero itu hidup dalam sunyi selama beberapa hari/minggu sampai dia mati (atau bertahan hidup) demi terciptanya stabilitas siklus amonia.

Setelah satu minggu silakan tambahkan jumlah ikan lebih banyak (tidak lebih dari 20) setelah genap satu bulan, silakan tebar ikan secara padat. Pengalaman saya untuk akuarium ukuran 50x50x30 cm, saya bisa menanam ikan mas sebanyak 150+ (ikan masnya memang masih kecil seukuran telunjuk :D).

Bakteri Starter
Dalam buku akuaponik Mark Sungkar, penambahan bakteri starter bisa dilakukan untuk bisa menciptakan siklus nitrogen pada kolam baru. Anda bisa mendapatkan bakteri starter ini di toko akuarium terdekat.

Tiga cara menciptakan siklus nitrogen di atas tidak instan, semuanya butuh waktu kecuali Anda memakai metode pertama (copas air kolam tetangga), risikonya ditabok sama tetangga karena kolam doi terancam surut airnya :D

Sampai jumpa di artikel akuaponik berikutnya, selamat berkebun, selamat berikan-ikan. Yuk, hijaukan dinding kita. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.