IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Sayuran Daun Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Menghilangkan Rasa Pahit pada Sayuran Daun Hidroponik

Urban Hidroponik - "Sayur hidroponik kenapa pahit?" Demikian pertanyaan peserta pelatihan hidroponik Karawang beberapa waktu lalu. Peristiwa yang sama mungkin terjadi juga di kebun Anda, baik itu pada sayuran selada, pakchoy atau sayuran daun lainnya.

Penyebab rasa pahit pada sayur hidroponik ada banyak faktor, salah satu penyebab paling dominan pada umumnya dikarenakan konsentrasi larutan yang berlebihan yang menyebabkan daun sayuran menjadi pahit.

Penyebab dan Solusi Rasa Pahit pada Sayuran Hidroponik


Apa yang terjadi jika sayur hidroponik terasa pahit? Sebenarnya mudah saja untuk menghilangkan rasa pahit itu, Anda hanya butuh waktu 3-7 hari, untuk menetralkan rasa daun, sehingga rasa pahitnya hilang.

Solusi Rasa Pahit pada Sayur Hidroponik
Bila Anda mengalami kasus seperti ini (sayuran daun berasa pahit) caranya sangat sederhana, Anda hanya butuh melakukan proses penetralan dengan cara mengganti nutrisi dengan air bersih (tanpa nutrisi) atau bisa juga larutan nutrisi di dalam tandon ditambah air sampai angka PPMnya berada di bawah 300-an.

Setelah beberapa hari, silakan petik daunnya dan rasakan sendiri, apakah rasa pahitnya masih ada atau sudah hilang. Pengalaman ini berhasil diaplikasikan di kebun hidroponik Karawang (tanaman selada merah, selama 4 hari), mungkin hasilnya akan berbeda dengan lokasi lain.

Penyebab Sayur hidroponik pahit

Sekian sharing pengalaman hidroponik ini, semoga menginspirasi. Selamat berkebun, happy farming :) Hijaukan dinding kita. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.