IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Daun Berwarna Kuning, Apa Sebab dan Bagaimana Solusinya? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Daun Berwarna Kuning, Apa Sebab dan Bagaimana Solusinya?

Urban Hidroponik - Penyakit kuning daun tanaman hidroponik sering dialami oleh banyak petani hidroponik. Mengidentifikasi penyebab daun kuning ini cukup sulit karena ada banyak faktor penyebab yang memungkinkan terjadinya penguningan pada daun.

Daun Kuning pada Tanaman Hidroponik


Kita akan urai beberapa penyebab daun kuning yang sering terjadi pada tanaman secara umum. Semoga uraian ini bisa menjadi alat diagnosa untuk menelisik penyebab tanaman hidroponik di rumah Anda  menjadi kuning.

Daun Kuning Karena Kurang Air
Kekurangan air akan menyebabkan daun kuning, hal tersebut merupakan proses alami yang dilakukan tumbuhan. Tanaman dalam keadaan banyak atau kurang air akan melakukan proses transpirasi. Ketika jumlah air sedikit, tumbuhan akan menggugurkan daun untuk menjaga kecukupan kebutuhan air sehingga tidak mengganggu transpirasi. Misalnya terjadi pada pohon jati di musim kemarau.

Solusinya gampang saja, tentu Anda harus menambahkan pasokan air agar tanaman mendapatkan sejumlah air yang cukup. Pada perkebunan hidroponik jarang sekali terjadi, bila terjadi biasanya dikarenakan pompa air mati atau bak nutrisi surut (wick system)

Daun Kuning Karena Kebanyakan Air
Kebanyakan air bagi tanaman tertentu ternyata tidak bagus. Kebanyakan air akan menyebabkan perkaran terendam dan busuk. Hal ini terjadi karena tanaman kurang mendapatkan oksigen. Setelah daun-daun menguning tanaman akan mati perlahan-lahan dan membusuk.

Solusinya bisa dilakukan dengan menggemburkan media tanam supaya porus sehingga air tidak tertahan atau bisa juga dengan memindahkan tanaman ke tempat yang lebih kering. Pada kebun hidroponik kasus ini jarang terjadi :D jikapun terjadi lebih dikarenakan kesalahan teknis misalnya menyimpan bibit dengan cara menenggelamkannya ke dalam pvc tanpa nepot.

Daun Kuning Kurang Sinar Matahari
Sinar matahari merupakan unsur penting yang sangat dibutuhkan tanaman untuk bisa tumbuh maksimal. Bila tanaman kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan daun menjadi kuning karena proses fotosintesis tidak terjadi secara maksimal sehingga zat hijau daun tidak terbentuk sempurna.

Solusinya bisa dilakukan dengan memindahkan tanaman ke tempat yang memiliki sinar matahari yang cukup. Atau memakai teknik artifical light gardening (menambahkan cahaya khusus untuk tanaman) misalnya memakai lampu LED.

Daun Kuning Kurang Nutrisi
Kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi dapat menyebabkan daun berwarna kuning, misalnya karena kekurangna unsur nitrogen (N). Info mengenai unsur hara makro mikro tanaman silakan baca di artikel Unsur Hara Makro Mikro yang Dibutuhkan Tanaman Hidroponik jangan lupa baca juga artikel Dampak Kekurangan Unsur Hara Bagi Tanaman Hidroponik.

Ini yang paling sulit, tidak semua daun kuning dikarenakan kadar N yang kurang, bisa juga dikarenakan kekurangan unsur besi. Tapi jangan dibuat pusing juga sih, intinya selama takaran nutrisi yang diberikan untuk tanaman hidroponik tepat (sesuai kebutuhan tanaman) hasilnya tidakan mengecewakan. Anda hanya perlu memakai alat ukur saja, bisa berupa EC Meter dan pH Meter.

Serangan Hama 
Serangan hama tertentu dapat menyebabkan daun menjadi kuning, layu,dan mati.Namun penyakit daun kuning pada tanaman biasanya terjadi bersama serangan lain misalnya pada cabe daun menjadi kuning setelah cabe terinfeksi kutu daun dan virus gemini.

urban farming, urban hidroponik,

Dari beberapa penyebab di atas, semoa Anda kini bisa mendiagnosa apa yang menyebabkan tanaman hidroponik di rumah Anda menjadi kuning. Bila sudah ketahuan,tinggal laksanakan saja solusinya. Simpel. Selamat berkebun, happy urban farming. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Sumber gambar: mnn.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.