IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Memanfaatkan Material Bekas untuk Berkebun Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Memanfaatkan Material Bekas untuk Berkebun Hidroponik

Urban Hidroponik - Berkebun hidroponik masih saja diasumsikan sebagai cara berkebun yang mahal. Sebenarnya tidak demikian, masalah besaran biaya bisa ditekan oleh kreatifitas kita. Anda bisa memiliki kebun hidroponik yang luas hanya dengan mengandalkan bahan-bahan bekas di sekitar rumah, terutama untuk skala hobi.

Berkebun hidroponik memakai material bekas tidak perlu dipandang sebelah mata karena banyak orang yang telah berhasil memproduksi sayur sehat hidroponik dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas.

Sayur Sehat Hidroponik dari KebunBerbahan Material Bekas


Kebanggan berkebun hidroponik tidak terletak pada kepemilikan instalasinya, sekeren apa pun instalasi hidroponik yang Anda miliki tidak bisa dijadikan ukuran mutlak. Kebanggannya lebih terletak pada proses pemeliharaan kebun hidroponik itu sendiri.

Jadi buat Anda yang berpikir belanja kebutuhan hidroponik seperti belanja motor atau televisi, setelah beli bisa dipakai sesuka hati dan mulus, tentu cara berpikir tersebut sangat keliru. Berkebun hidroponik tidak demikian, setelah memiliki instalasi Anda HARUS merawat kebunnya, melakukan berbagai cara agar kebun Anda berhasil tumbuh dengan baik. Intinya berkebun hidroponik harus rajin membaca :D ketika ada masalah, baca informasinya dan perbaiki sendiri.

Keuntungan Berkebun Hidroponik Memakai Material Bekas

  • Keuntungan yang bisa didapat dari berkebun hidroponik memakai material bekas terletak pada aspek kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan barang bekas Anda telah menjadi pahlawan lingkungan yang mengurangi limbah dan memanfaatkannya untuk keperluan hidroponik. Bagaimanapun salah satu prinsip hidroponik bergepang pada prinsip 3R (Reuse, Reduce dan Recycle)
  • Biaya pembuatan instalasi menjadi sangat murah dan terjangkau. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya khusus untuk belanja bahan kebun hidroponik.
  • Kemudahan dalam mendapatkan bahan bekas, Anda hanya perlu berjalan-jalan di sekitar pemukiman atau mengunjungi pengepul rongsokan untuk mencari bahan bekas.
  • Jangan bicara masalah daya tahan karena namanya plastik bisa bertahan sangat lama.

Bahan Bekas Apa Saja yang Bisa Dijadikan Kebun Hidroponik?
Sangat banyak material bekas yang bisa digunakan untuk berkebun hidroponik, misalnya botol plastik bekas air mineral atau sirup, kompan, paralon, talang air, dan lain sebagainya. Semua material tersebut bisa Anda kreasikan menjadi berbagai kebun hidroponik dengan teknik hidroponik tertentu.

Botol bekas misalnya sangat keren untuk dijadikan kebun hidroponik dengan teknik sistem tetes (drip system hydroponic) video mengenai cara membuat hidroponik botol gantung bisa dilihat di video ini: Cara Membuat Hidroponik Botol Bekas. Atau bisa juga dibuat sebagai instalasi hidroponik sederhana berupa sistem sumbu, silakan lihat tutorialnya dalam video ini: Cara Membuat Hidroponik Sederhana

Kalau di rumah Anda ada material pipa PVC bekas, silakan gunakan saja. Supaya lebih jelas baca artikel khusus yang membahas kebun hidroponik berbahan pipa PVC bekas.

Bahan-Bahan yang Sebaiknya Dihindari untuk Berkebun Hidroponik
Tidak semua material bekas bisa digunakan untuk berkebun hidroponik loh. Terutama bahan bekas dengan tingkat kerusakan yang sangat parah, misalnya bocor yang tidak memungkinkan ditambal. Kemudian pastikan bahan bekas yang Anda pakai bukan bekas oli, bekas bensin, bekas solar, bekas bahan bakar lainnya (kecuali dicuci sampai bersih).

urban hidroponik, urban farming, jasa hidroponik, pelatihan hidroponik

Sekian sharing mengenai kebun hidroponik sederhana memakai material limbah plastik. Semoga menginspirasi ya. Yuk,hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.