IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membasmi Hama Belalang dengan Pestisida Organik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membasmi Hama Belalang dengan Pestisida Organik

Urban Hidroponik - Hama belalang termasuk salah satu hama paling hebat yang menyerang kebun para petani, baik petani hidroponik, organik, maupun konvensional. Serangan hama belalang biasanya merusak bagian daun dan batang daun yang masih muda. Alhasil kualitas pangan menjadi jelek dan bahkan gagal panen dalam skala tertentu.

Ada banyak cara untuk mengendalikan hama belalang, kali ini kita akan berbagi cara basmi hama belalang secara organik

Sifat belalang itu secara alami gampang betah, bila ia menemukan tanaman favoritnya. Biasanya belalang akan langsung ngontrak di kebun Anda bila ternyata tanaman tersebut sangat disukainya, di kontrakan itulah belalang kemudian beranak pinak. Waduh, gawat!

Pestisida Organik Pembasmi Hama Belalang


Kalau sudah beranak-pinak sebaiknya segera basmi belalang itu sampai ke anak cucunya. Kenapa pakai cara organik? Karena cara yang satu ini sangat ramah lingkungan dan kesehatan Anda sendiri. 

Pestisida Akar Tuba + Mimba untuk Membasmi BelalangSalah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan pestisida organik untuk membasmi belalang yaitu  ekstra akar tuba (janu) dan daun mimba. 

urban hidroponik
Daun Mimba

Tuba yang nama latinnya Deris. Sp mengandung bahan aktif rotenon. Sementara tanaman mimba yang nama latinnya Azadiracht indica mengandung bahan aktif azadirachtin. Kedua bahan aktif tersebut dapat mempengaruhi perilaku belalang dan barbagai serangga lainnya. Apa pengaruhnya?

Kedua zat aktif di atas dapat penghambat nafsu makan/antifedant, repallent, attractan, menghambat perkembangan serangga, menurunkan keperidian hingga berpengaruh langsung sebagai racun.

Kedua zat aktif tersebut secara alami akan terurai dengan sendirinya, sehingga paska penyemprotan keduanya tidak tinggal pada permukaan daun dan berakumulasi menjadi racun seperti pestisida kimia. Aman kan?

urban hidroponik
Akar Tuba

Cara Membuat Pestisida Organik untuk Basmi Hama BelalangPestisida organik yang ditulis di atas bisa Anda buat dengan langkah-langkah sebagai berikut, gampang kok, simak yuk.
  • Siapkan akar tuba dan daun mimba secukupnya (masing-masing 1Kg) cuci dan bersihkan. 
  • Tumbu akar tuba dan daun mimba sampai halus (terpisah ya, jangan disatuin numbuknya). 
  • Larutkan keduanya dalam air berisih yang terpisah (sekitar 20 liter).  
  • Aduk dan diamkan larutan tersebut dalam wadah (jirigen). 
  • Proses perendaman dilakukan selama minimal 3 hari, 
Sekarang, Anda sudah memiliki pestisida organik yang sudah direndam 3 malam, tinggal pakai saja. Campurkan kedua cairan rendaman itu dengan perbandingan seimbang, kemudian semprotkan ke tanaman yang terserang hama. Hasilnya akan terlihat setelah Anda melakukan penyemprotan secara berulang. 

Sekian berbagi tulisan pestisida organik ini. Selamat mencoba, selamat berkebun, happy farming. Semoga menginspirasi :)

Referensi
Kabar Tani
Sumber gambar: 
http://cdn.jitunews.com/dynamic/article/2015/06/11/15587/FbBQjV2icw.jpg?w=630
http://berkhasiat.web.id/wp-content/uploads/2015/09/daun-mimba.jpg

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.