IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Menanam Sayur Sehat di Rumah Sendiri? Gampang Banget! - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Menanam Sayur Sehat di Rumah Sendiri? Gampang Banget!

Urban Hidroponik - Kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral salah satunya dipenuhi melalui konsumsi sayuran. Kebutuhan akan pangan khususnya sayuran, terbilang mudah untuk didapatkan, tinggal jalan sedikit Anda sudah bisa mendapatkan aneka jenis sayuran. Baik dibeli dari warung terdekat, kios khusus sayuran, maupun ke mal yang banderol harganya lebih tinggi.

Banyak sekali manfaat dari mengonsumsi sayuran untuk tubuh, terutama karena sayuran mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh. Selain itu setiap sayuran memiliki manfaat masing-masing bagi kesehatan.

Namun, apakah sayuran yang Anda beli itu bisa dipastikan termasuk sayuran sehat? Siapa tahu selama ini Anda membeli sayuran yang dibesarkan dengan aneka pestisida, bahan beracung yang dalam jangka panjang berakumulasi dalam tubuh dan merugikan. Selain merugikan tubuh juga merusak lingkungan.

Berkebun Sayura Sehat di Rumah Sendiri


Nah, dari pada pusing memikirkan pertanyaan di atas, sebenarnya Anda bisa menanam sendiri sayuran sehat di rumah. Ya, kita semua bisa berkebun di rumah! Tidak adanya lahan bukan lagi kendala, bukan alasan lagi.

Kendala lahan bisa teratasi dengan hidroponik dan sistem vertikultur, Anda bisa memanfaatkan dinding dan tempat jemuran di lantai atas untuk berkebun.

Memilih Sistem Hidroponik untuk Rumah Tanpa Lahan
Sekarang kita mulai dari memilih sistem hidroponik yang cocok untuk dipasang di rumah Anda yang tidak memiliki lahan. Berikut ini ada beberapa pilihan yang bisa dipertimbangkan, yaitu:

urban farming
Aeroponik (Tower Hidroponik)
Sistem aeroponik (Hidroponik tower) sudah jelas termasuk juaranya hemat lahan, karena kebunnya berupa tower yang hanya memakan ruang seluas 30x30 Cm. Dengan lahan sesempit itu Anda bisa bertanam tidak kurang dari 20 tanaman sayur sehat.

Sistem aeroponik berjalan secara otomatis, Anda tidak perlu melakukan penyiraman secara manual, karena tugas untuk itu sudah dilakukan oleh pompa air. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tandon tetap berisi air nutrisi yang cukup.

Hidroponik sistem tetes (drip system) memakai botol plastik. Keunggulan hidroponik botol gantung yang bekerja dengan sistem tetes ya jelas terletak pada hemat lahan juga, Anda bisa memasang instalasi hidroponik ini di dindinng rumah. Selain itu sayuran yang bisa ditanam tidak sebatas sayuran daun,

Anda bisa menanam juga sayuran buah seperti tomat, cabai, dan terung yang di waktu tertentu harganya melejit tinggi. Sehingga Anda tidak begitu pusing ketika cabai melambung, karena Anda sudah menanamnya sendiri.

Hidroponik sistem sumbu, keunggulan sistem yang satu ini terdapat pada efisiensi, Anda hanya butuh ruang kecil saja untuk menyimpan instalasi ini di rumah. Baik berupa baki plastik, pvc yang dipasang dinding maupun memakai media lainnya.

urban hidroponik
Hidroponik Sistem Tetes
Hidroponik sistem NFT/DFT dinding, sistem ini sangat efektif untuk dijadikan kebun rumahan, Karena keduanya hanya memanfaatkan dinding rumah untuk aplikasinya.

jasa hidroponik
Hidroponik DFT/NFT Dinding Vertikultur

Bila di rumah Ada dinding dengan lebar 3-4 meter, tinggi sekitar 2 meter. Bidang tersebut sudah cukup untuk dijadikan kebun di rumah Anda. Sekurang-kurangnya Anda bisa menanam 80 tanaman sayuran. Wow!
pelatihan hidroponik
Wick SYstem pipa PVC

Semua sistem di atas bisa dipastikan akan menghasilkan sayuran sehat, kenapa? Karena Anda sendiri yang menanamnya tanpa pestisida, tanpa limbah yang mencemari lingkungan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.