IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Berkebun Stroberi Hidroponik di Dataran Rendah, Bagaimana Caranya? - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Berkebun Stroberi Hidroponik di Dataran Rendah, Bagaimana Caranya?

Urban Hidroponik - Stroberi hidroponik? O, sudah banyak yang berhasil membudidaya stroberi secara hidroponik baik dengan sistem DBS, DFT, akuaponik maupun NFT PVC. Saya sendiri sudah merasakan bagaimana rempongnya proses awal menanam stroberi secara hidroponik dan akuaponik.

Hanya saja untuk akuaponik butuh teknik husus lagi agar tanamannya mau berbuah karena kendala umum akuaponik terletak pada defisiensi nutrisi. Tapi itu bukan halangan, masih bisa diatasi kok. Sekarang bagaimana dengan budidaya stroberi di dataran rendah?

Budidaya Stroberi Hidroponik/Akuaponik Dataran Rendah

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk memulai menanam stroberi di dataran rendah adalah YAKIN. Tanpa disertai keyakinan usahanya kurang maksimal :D. Yakini saja bahwa stroberi yang idealnya hidup di dataran tinggi (tempat dingin) juga bisa tumbuh di dataran rendah (daerah panas).

budidaya stroberi dataran rendahMemilih Bibit Stroberi
Pemilihan bibit sangat penting terlebih untuk Anda yang ingin menanamnya di dataran rendah. Pastikan tidak coba-coba menanam benih dari biji, cari saja bibit stroberi dewasa. Bibit bisa dibeli dari lokasi awal (daerah dingin, misalnya Ciwidey Bandung)

Setelah memiliki sekitar 5 stroberi dewasa di rumah (di dataran rendah) bersabarlah, jangan langsung memindahkan stroberi tersebut ke dalam instalasi akuaponik/hidroponik. Kalau langsung dipindahkan itu sama saja dengan membunuhnya.

budidaya stroberi dataran rendahBiarkan bibit dewasa itu beradaptasi dan beranak-pinak melalui stolon. Nah, bibit-bibit dari stolon inilah yang kelak akan menjadi stroberi tangguh yang sudah beradaptasi dengan cuaca panas di dataran rendah.

Proses Pembibitan Stroberi Dataran Rendah
Anak-anak stroberi yang tumbuh di stolon tanamkan pada rockwool yang selalu basah, setelah akarnya panjang dan kokoh, baru deh dipindah ke instalasi hidroponik/akuaponik. Potong saja dari stolonnya.

budidaya stroberi hidroponikBiasanya stroberi muda ini akan kaget dan layu ketika dipindah ke instalasi hidroponik, supaya tidak berlanjut pada kematian, sebaiknya simpan dulu di instalasi yang bertempat teduh. Setelah segar lagi silakan simpan di instalasi utama yang terkenana paparan matahari langsung pun tak apa.

Pemupukan Stoberi
Pemberian nutrisi untuk stroberi khususnya hidroponik sudah tersedia nutrisi khusus stroberi, salah satunya produk HydroJ. Atau bisa juga memakai nutrisi lokal yang ada di daerah Anda dengan ukuran seperti pada tanaman tomat atau bisa juga memakai nutrisi AB Mix buah general. Kalau untuk akuaponik? Hmmm...

Dua proses di atas termasuk kunci penting agar stroberi di dataran rendah, dan kunci itu bisa bekerja dengan baik bila Anda yakin. Sekarang, giliran Anda yang mencobanya. Good luck. Yuk, stoberikan dataran rendah kita. Segarkan!

1 komentar:

  1. Hai... aku mau dong belajar menanam tauberry di dataran rendah. sepertinya menarik. salam berkebun :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.