IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Mengukur pH Tanah Memakai Kunyit - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Mengukur pH Tanah Memakai Kunyit

Urban Hidroponik - Alat ukur pH tanah yang digunakan sebenarnya relatif terjangkau meskipun ada alat ukur pH dengan harga selangit. Bagi Anda yang ingin mengetahui kadar pH tanah untuk keperluan berkebun atau lainnya, ada cara tradisionalnya loh.

Cara ini sudah digunakan petani Indonesia sejak berpuluh-puluh tahun silam ketika hendak berkebun. Dengan cara sederhana mengukur pH tanah petani bisa menentukan kadar asam/basa tanah di daerah tertentu.

Hanya saja kelemahan cara ukur pH secara sederhana ini tidak adanya angka rujukan yang menjadi nilai dari pH tanah yang diukur. Akan tetapi meskipun demikian, hasil ukurnya tetap bisa memperlihatkan apakah tanah tertentu bersifat basa atau bersifat asam.

Cara Sederhana Mengukur pH Tanah Tanpa Alat Canggih


Cara mengukur pH tanah memakai kunyit yang bersifat tradisional ini rupanya cukup akurat untuk sekadar menentukan asam atau basanya kadar tanah. Bagaimana cara mengukur pH tanah?

Cara Mengukur pH Tanah Menggunakan Kunyit:
  1. Siapkan kunyi seukuran ibu jari orang dewasa
  2. Potong kunyit menjadi dua
  3. Masukkan salah-satu potongan kunyit ke dalam tanah basah yang akan diukur pH-nya
  4. Tunggu selama 30 menit
  5. Ambil kunyit tesebut dan lihat warna kunyit tersebut
Jika warna bagian yang terpotong tadi pudar berarti tanah memiliki kadar pH asam (pH di bawah 7). Bila warna kunyit tetap/tidak berubah, kadar tanah memiliki pH netral. Jika warna kunyit menjadi biru berarti tanah bersifat basa (pH di atas 7).
mengukur ph tanah memakai kunyit

Sekian cara sederhana mengukur pH tanah memakai kunyit ini, sekarang bagi Anda yang memiliki alat ukur pH tanah silakan lakukan percobaan dan bandingkan hasilnya dengan alat ukur memakai kunyit.

Apakah benar cara ukur ini cukup akurat? Selamat mencoba.

(Sumber gambar: https://images.detik.com/content/2013/09/16/763/092526_kunyit2.jpg?w=500)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.