IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Struktur Media Tanam pada Grow Bed Akuaponik Media Based Pasang Surut - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Struktur Media Tanam pada Grow Bed Akuaponik Media Based Pasang Surut

Urban Hidroponik - Media tanam akuaponik memiliki struktur yang khas, bila ingin mengikuti panduan akuaponik dari FAO, maka idealnya struktur media tanam akuaponik harus memiliki ketebalan tertentu. Seberapa tebal?

Ketebalan ideal kolam akuaponik sekitar 30 Cm saja, nantinya media tanam itu dibagi menjadi 3 zona yaitu zona kering, zona lembab (pasang surut) dan zona kuyup. Ketiga zona ini secara otomatis "diciptakan" oleh siphon bell.

Struktur Ideal Media Tanam Akuaponik


Ketiga zona media tanam pada grow bed akuaponik tersebut memiliki peran masing-masing, satu sama lain sama-sama penting.

Media Tanam Zona Kering
Media tanam zona kering berada di bagian paling atas grow bed. Selalu terkena paparan sinar matahari secara langsung sehingga sifatnya kering. Alhasil lumut tidak bisa tumbuh karena selalu kering. Ketebalan zona kering ini sekurang-kurangnya 5 Cm.

Media Tanam Zona Pasang Surut
Zona kedua ini berada di bawah lapisan pertama, memiliki ketebalan sekitar 25 Cm. Zona ini merupakan tempat air kolam mengalami pasang dan surut di grow bed. Ketika air pasang tanaman menyerap nutrisi sebanyak-banyaknya dan ketika surut tanaman mengambil oksigen sebanyaknya. Di zona inilah akar-akar tanaman menjalar kian kemari.

Media Tanam Zona Kuyup
Zona ketiga merupakan media tanam yang selalu kuyup dan terendam air, media tanam yang kaya akan aneka bakteri yang membantu proses rekayasa amonia, nitrifikasi dan denitrifikasi. Zona ini memiliki ketebalan sekitar 5 Cm saja.

media tanam akuaponikBagaimana membuat media tanam di grow bed menjadi berzona-zona seperti itu? Sederhana saja, Anda hanya butuh siphon bell yang bertugas mengatur air kolam untuk pasang dan surut. Artikel mengenai siphon bell akan kita tulis di postingan berikutnya.

Semua sistem akuaponik harus memiliki media tanam dengan ketiga zonasi tersebut? Tidak harus, zonasi di atas hanya untuk akuaponik media based pasang surut saja. Sistem akuaponik lain tidak memungkinkan untuk itu (misalnya NFT atau DFT).

Silaka baca juga artikel mengenai Media Tanam Terbaik untuk Akuaponik. Semoga artikel mengenai struktur media tanam akuaponik ini menginspirasi kita semua. Mari kita berkebun, berikan-ikan. Hijaukan pekarangan kita. Segarkan!

Daftar Pustaka
Akuaponik Praktis (My Trubus)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.