IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Membuat Hidroponik Wick System Memakai Pipa PVC - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Membuat Hidroponik Wick System Memakai Pipa PVC

Urban Hidroponik - Salah satu keunggulan hidroponik sistem sumbu (wick system hydroponic) terletak pada kemudahan mendapatkan bahan, baik baru maupun bekas. Akan tetapi agar tetap berjalan seiring dengan semangat urban farming yang mengutamakan prinsip 3R (Reuse-Reduce-Recycle) sebaiknya gunakan saja limbah/bahan-bahan bekas.

Bila di rumah Anda ada beberapa potong paralon yang tidak terpakai, mulai dari ukuran 2 inci kenapa tidak digunakan untuk membuat instalasi hidroponik wick system saja.

Hidroponik Sistem Sumbu Memakai Paralon


Membuat instalasi hidroponik sistem sumbu dari paralon bisa dilakukan dengan sangat sederhana dan mudah. Alat-alat yang dibutuhkan pun hanya peralatan rumahan biasa, di antaranya:

  • Gergaji pelobang (bila tidak tersedia, Anda bisa memakai banyak teknik pelobangan paralon, silakan lihat video ini Video Panduan Pelobangan Paralon). 
  • Gergaji, pisau, gunting, alat ukur, dan alat tulis.
Semua alat itu bisa Anda peroleh dengan sangat mudah karena banyak tersedia di toko matrial terdekat. Sekarang, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidroponik sistem sumbu paralon ini adalah sebagai berikut;
  • Paralon bekas
  • Dop/tutup paralon
  • Lem pipa PVC

Cara Membuat Hidroponik Sistem Sumbu Memakai Paralon

Langkah kerja yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut; pertama Anda harus membuat gambar jarak lobang, buatlah titik lobang yang berjarak antara 15-25 cm, kemudian lobangi gambar tersebut dengan salah satu teknik pelobangan yang bisa Anda pelajari pada video di atas. Kedua, tutup paralon memakai dop dan rekatkan dengan lem. Ketiga, simpan instalasi hidroponik tersebut di tempat yang diinginkan baik secara vertikal maupun landscape. Selesai.

urban hidroponik, urban farming,

Sebagai informasi tambahan, beberapa poin ini semoga menjadi pelengkap untuk pengetahuan Anda. Pipa PVC yang bagus biasanya disebut tipe AW, sementara pipa PVC yang standar disebut tipe D. Setelah instalasi selesai digunakan, sebaiknya rajin-rajin melakukan maintenance, agar tidak ada nyamuk bertelur di dalam paralon atau tidak terjadi kekeringan karena lupa mengisi nutrisi.

Sekian sharing mengenai cara membuat instalasi hidroponik sistem sumbu memakai paralon ini, semoga menginspirasi. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.