IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Hidroponik Sistem Sumbu, Jangan Dipandang Sebelah Mata! - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Hidroponik Sistem Sumbu, Jangan Dipandang Sebelah Mata!

Urban Hidroponik - Dari sekian banyak instalasi hidroponik yang ada saat ini, hidroponik sistem sumbu atau disebut juga wick system hydroponic merupakan teknik berkebun hidroponik paling sederhana dan murah meriah.

Instalasi hidroponik wick system bekerja dengan prinsip membagikan nutrisi ke tanaman melalui media air yang digenangkan dalam bak nutrisi. Nutrisi tersebut dibagikan ke tamanan melalu bantuan sumbu yang disambungkan dari netpot ke bak nutrisi.

Hidroponik Sistem Sumbu Sederhana


Prinsip hidroponik sistem sumbu sangat mudah diaplikasikan, alias memiliki tingkat kesulitan yang sangat rendah. Selain itu semua bahan untuk membuat instalasi hidroponik ini bisa diperoleh dari barang-barang bekas.

Cara Membuat Hidroponik Sistem Sumbu
Alat yang digunakan untuk membuat hidroponik wick system ini hanya berupa gunting dan pisau tajam. Kemudian bahan-bahan yang diperlukan antara lain sebagai berikut:

  • Kompan bekas/botol plastik bekas/baki/paralon bekas (opsional)
  • Netpot gelas plastik (sekitar 7500/25 gelas banyak yang jual di pasar)
  • Sumbu flanel (bisa diganti dengan kain apa saja yang mampu menyerap air
  • Media tanam 
  • Bibit tanaman
  • Nutrisi
Semua bahan di atas bisa didapatkan dengan gratis, asal Anda mau mengumpulkannya kecuali beberapa bahan seperti bibit tanaman (silakan lihat katalog bibit tanaman hidroponik  kami) Nutrisi sebenarnya banyak yang jual tapi Anda bisa membuat nutrisi sendiri, salah satunya dengan menggunakan pupuk kompos kotoran domba yang diencerkan. Begitupun media tanam, Anda bisa memakai banyak alternatif, seperti busa, bubuk bata, atau kerikil. Cara kerja atau cara membuat instalasi hidroponik sistem sumbu bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini.

urban farming, urban hidroponik, wick system
Insalasi Hidroponik Sistem Sumbu Sederhana
Gambar di atas hanya mengilustrasikan cara membuat instalasi hidroponik wick system dari botol bekas, Anda bisa mengganti botol bekas tersebut dengan bahan lain misalnya kompan bekas, paralon bekas, atau baki.

Kelemahan Hidroponik Sistem Sumbu
Kelemahan wick system hydroponic ini pada umumnya bak nutrisi rentan dijadikan sarang nyamuk tapi hal ini bisa diatasi dengan memberikan abate atau menanam ikan di dalam bak. Kelemahan berikutnya, nutrisi rentan mengendap karena air nutrisi tidak bergerak, hal ini tidak signifikan karena pada umumnya tanaman yang ditanam dengan teknik ini bisa tumbuh sehat dan maksimal seperti pada teknik hidroponik lain. Kelemahan ketiga yaitu pada proses penambahan nutrisi yang bersifat manual, Anda harus rajin mengontrol bak nutrisi untuk memastikan apakah nutrisinya masih banyak atau sudah surut. 

Beberapa kelemahan di atas tidak lantas membuat instalasi hidroponik sistem sumbu ini menjadi jelek atau kalah saing dengan teknik hidroponik lainnya. Lanjut bacanya yuk.

Keunggulan Hidroponik Sistem Sumbu
Pertama, jelas terletak pada efisiensi. Dengan budget minimal Anda bisa berkebun hidroponik dan menghasilkan tanaman pangan yang maksimal. 

Kedua, pemakaian ruang bersifat fleksibel, artinya instalasi ini bisa disimpan pada tempat-tempat yang sesuai yang Anda inginkan. Selain fleksibel juga hemat ruang.

Ketiga, mengutamakan prinsip 3R, artinya Anda telah memberikan andil besar dalam pengelolalan limbah lingkungan. 

Keempat, nilai seni yang tidak kalah elegan dari instalasi hidroponik lainnya. Anda bisa menata ruang tertentu dengan instalasi sistem sumbu sehingga menjadi berdaya-seni tinggi, semua sangat bergantung pada bagaimana cara Anda menatanya.

Kualitas Tanaman Hidroponik Sistem Sumbu
Pertanyaan yang sering dilontarkan peserta pelatihan mengenai teknik wick system ini antara lain mengenai kualitas tanamannya, apakah bagus? 

Kunci kualitas tanaman hidroponik sebenarnya tidak 100% ditentukan oleh instalasinya, melainkan sangat dipengaruhi oleh banyak hal mulai dari penyemaian, pemberian nutrisi, kimia nutrisi, dan maintenance.

Selama proses penyemaian dilakukan dengan baik, pemberian nutrisi dilakukan dengan tepat sesuai takaran, kimia nutrisi berada pada batas normal, dan maintenance dilakukan dengan telaten, hasil pangan hidroponik sistem sumbu bisa bersaing dengan teknik hidroponik lainnya baik dari bobot, kandungan gizi, maupun kesehatan tanaman itu sendiri.

Masih berpikir hidroponik sistem sumbu itu kamseupay? Hmmm... Kalau masih, sepertinya Anda butuh kaca mata baru :D Sekali lagi, jangan remehkan kekuatan hidroponik sistem sumbu ini. Mari kita hijaukan dinding kota, segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.