IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Cara Memakai Nutrisi AB Mix Hidroponik - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Cara Memakai Nutrisi AB Mix Hidroponik

Urban Hidroponik - Nutrisi AB mix hidroponik merupakan nutrisi khusus yang diproduksi untuk keperluan budidaya tanaman pangan memakai teknik hidroponik. Ada banyak merek nutrisi AB mix di pasar sana, Anda tinggal memilihnya saja agar sesuai kebutuhan dan sesuai dengan budget.

Nutrisi AB mix dalam 1 set selalu terdiri dari dua kemasan, yaitu nutrisi A dan nutrisi B, masing-masing mengandung unsur hara makro dan unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman. Kedua unsur hara tersebut (makro dan mikro) sudah tersedia dalam semua produk nutrisi hidroponik AB mix. (Silakan baca artikel mengenai: Unsur Hara Makro Mikro Tanaman Hidroponik.)

Cara Membuat Nutrisi AB Mix Hidroponik


Nutrisi AB Mix pada umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu dalam bentuk serbuk dan sudah menjadi pekatan (cair). Untuk nutrisi yang sudah menjadi pekatan bisa langsung digunakan untuk tanaman. Sementara nutrisi yang masih berbentuk serbuk butuh pengolahan sederhana agar bisa digunakan, yaitu mengubahnya menjadi pekatan.

Cara membuat nutrisi ab mix hidroponik selengkapnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini, silakan dicermati.

urban farming indonesia, urban hidroponik

Aturan Pakai Nutrisi AB Mix
Aturan atau kompisisi pemakaian nutrisi hidroponik biasanya disertakan di bagian kemasan nutrisi yang Anda beli. Setiap merek mungkin memberikan nilai kompisisi yang berbeda, akan tetapi pada umumnya kompisisi antara nutrisi hidroponik dan air adalah sebagai berikut:

  • Fase tunas 5ml nutrisi AB mix : 1 liter air bersih
  • Fase produksi 9ml nutrisi AB mix : 1 liter air bersih
Bagaimana bila komposisinya berlebihan? Pada fase produksi mungkin tanaman baik-baik saja pengaruh kompisisi yang agak berlebih tidak mempengaruhi tanaman secara signifikan. Pada fase pertunasan komposisi berlebihan akan membakar tanaman menjadi layu dan mati.

Tanaman Saya Pahit, Apakah Kurang Nutrisi?
Buat Anda yang pernah mengalami masalah sayuran daun yang rasanya pahit, hal tersebut bukan dikarenakan kurang nutrisi, melainkan kadar pH yang tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jadi pastikan kadar pH, EC, dan PPM nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Semoga artikel mengenai aturan pakai nutrisi ab mix hidroponik ini bermanfaat, semoga menginspirasi. Yuk, hijaukan dinding kota. Segarkan!


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.