IBX582A7DF8CA9F4 IBX582A7E48D759A Budidaya Kangkung Memakai Sistem Hidroponik Apa Saja - URBAN HIDROPONIK

Header Ads

Budidaya Kangkung Memakai Sistem Hidroponik Apa Saja

Urban Hidroponik - Tanaman kangkung termasuk salah satu sayur daun yang paling mudah dibudidayakan memakai sistem hidroponik apa saja. Telah banyak yang berhasil menanam kangkung hidroponik baik untuk skala komersial maupun skala hobi.

Ibu Erna misalnya telah berkali-kali panen kangkung hidroponik dari instalasi hidroponik sistem sumbu di pekarangan rumahnya. Hanya butuh waktu sekitar 21 harian untuk bisa panen kangkung dan merasakan nikmatnya tumis kangkung.

Cara Menanam Kangkung Sistem Hidroponik Apa Saja


Kalau Anda ingin mencoba berkebun kangkung, tidak perlu bingung, karena secara garis besar kangkung bisa hidup dengan maksimal memakai sistem hidroponik saja. Termasuk memakai sistem hidroponik sistem sumbu yang sangat sederhana.

Memilih Benih Kangkung 
Pertama-tama Anda harus memiliki benih kangkung yang bisa dicari dengan membeli benih kangkung kemasan personal pouch, biasanya tersedia di toko pertanian terdekat dari rumah Anda. Anda bisa memilih jenis kangkung darat atau kangkung air. Keduanya sama-sama oke bila dibudidayakan memakai sistem hidropnik.

Menyiapkan Media Tanam
Media tanam untuk kangkung ini memiliki banyak pilihan mulai dari rockwool sampai sekam. Semuanya bisa digunakan sebagai media tanam yang baik. Bahkan Anda bisa menanam kangkung tanpa media tanam (artikel mengenai kangkung tanpa metan akan kita kupas di postingan berbeda)

Menyemai Benih Kangkung
Benih kangkung yang sudah disiapkan  langsung saja disemai pada media tanam, setiap media tanam diberi benih kangkung sekitar 6-10 benih kangkung. Bila memakai rockwool ukuran potongnya agak lebar saja agar cukup untuk menampung biji kangkung sebanyak 6-10 biji. Bila memakai metan lain seperti sekam tentu bisa dengan mudah saja menampung benih sebanyak itu.

Memindahkan Kangkung ke Instalasi Hidroponik
Langkah ini dilakukan bila sebelumnya menyemai benih di tempat terpisah, bila menyemai benih langsung di netpot yang disimpan di instalasi tentu tidak perlu memindahkan lagi. Instalasi hidroponik sistem apa yang baik untuk kangkung? Secara general kangkung bisa tumbuh dengan baik pada semua sistem hidroponik yang ada saat ini.

Pemeliharaan Tanaman Kangkung
Agar kangkung yang ditanam tumbuh maksimal Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut:
  • Pastikan pH nutrisi berada di rentang 5.5-6.5
  • Pastikan eC nutrisi berada di 2.0-2.1 atau angka TDS pada kisaran 1050-1400 PPM
  • Tambahkan oksigen dengan bantuan aerator
  • Sebaiknya kangkung mendapatkan full day light 
Bila semua faktor di atas dapat terpenuhi, seharusnya Anda sudah bisa menumis kangkung pada hari ke-21, hmmm. Silakan, coba langsung di rumah masing-masing. Selamat berkebun, happy farming, hijaukan kangkung kita. Segarkan!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.